Analisis Berpikir Pseudo dalam Pemecahan Masalah Matematis Berbasis Etnomatematika Pada Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif

Badar, Devia Meisya (2025) Analisis Berpikir Pseudo dalam Pemecahan Masalah Matematis Berbasis Etnomatematika Pada Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (768kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil proses berpikir pseudo dalam pemecahan masalah matematis berbasis etnomatematika pada siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Kota Jambi pada bulan November hingga Desember 2024. Data Penelitian diperoleh melalui observasi, tes group embedded figuretTest, tes berbasis etnomatematika, serta wawancara dengan 4 subjek penelitian. Hasil analisis menunjukkan subjek memiliki kemampuan berpikir pseudo yang berbeda pada setiap tahapan pemecahan masalah yang mana perbedaan tersebut ditunjukkan berdasarkan tingkat pemahaman subjek terhadap materi pembelajaran. Subjek SFI yang memiliki gaya kognitif field independent terlihat melakukan sedikit kesalahan dalam penyelesaian soal, kesalahan yang dimiliki SFI adalah ketidaktelitiannya dan cenderung terlihat memiliki proses berpikir yang salah karena terlihat dari konsep yang digunakan sudah benar dalam menjawab, tetapi memiliki salah dalam memahami konsep dan rumus tanpa berpikir panjang untuk membaca soal berulang kali. Selain itu, SFI sulit menjelaskan kembali secara mendetail dengan lisan terhadap hasil jawaban yang telah ditulis. Sedangkan subjek SFD yang memiliki gaya kognitif field dependent tidak berpikir panjang dengan memikirkan kemungkinan menggunakan pengetahuan lainnya untuk menyelesaikan permasalahan. Jawaban yang diberikan terkesan menebak karena terlihat dari cepat meyakini jawaban sehingga hanya menulis hafalan rumus. Maka, dari kedua kategori subjek baik dari gaya kognitif Field Independent maupun Field Dependent memiliki potensi dapat memenuhi indikator berpikir pseudo benar maupun pseudo salah. salah serta kedua subjek merasakan adanya bantuan dalam proses pemecahan masalah dengan gambar serta ilustrasi dengan unsur etnomatematika yang ada pada soal.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: berpikir pseudo, pemecahan masalah, etnomatematika, gaya kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Devia Meisya Badar
Date Deposited: 20 Feb 2025 04:20
Last Modified: 20 Feb 2025 04:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75564

Actions (login required)

View Item View Item