., Jamilah (2019) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IVB SDN 13/1 MUARA BULIAN. S1 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB 1-dikonversi.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (165kB) |
Abstract
ABSTRAK Jamilah. 2019. Penerapan Model Cooperative Script Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Pembelajaran IPA SDN 13/1 Muara Bulian: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing, (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd. M.Pd.I., (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Daya ingat, Model Cooperative Script, Media Audiovisual Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa daya ingat siswa di kelas IVB SD Negeri 13/Muara Bulian masih kurang dan perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil observasi awal terlihat bahwasanya daya ingat siswa masih rendah hal ini terlihat dari beberapa indikator diantaranya siswa tidak dapat menerima informasi dengan baik, siswa tidak dapat menyimpan informasi dengan baik dan siswa tidak menjelaskan kembali informasi yang telah diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Cooperative Script berbantuan media Audiovisual dalam meningkatakan daya ingat siswa pada pembelajaran IPA kelas IVB SDN 13/1 Muara Bulian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari beberapa siklus dengan prosedur dimulai dari perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2018/2019 yang terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model cooperative script berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan daya ingat siswa pada pembelajaran IPA kelas IVB SDN 13/1 Muara Bulian. Hal ini terlihat dari hasil observasi terhadap indikator daya ingat yaitu menerima informasi, menyimpan informasi dan mengingat kembali informasi. Berdasarakan lembar observasi dan tes daya ingat siswa menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil lembar observasi persentase yang diperoleh pada siklus I sebesar 58,4% dengan katagori cukup (C), dan pada siklus II meningkat menjadi 91,53% dengan katagori Sangat Baik (SB). Hal ini juga didukung hasil tes daya ingat, adapun hasil ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I sebesar 51,85 % dengan predikat Kurang (K), dan pada siklus II meningkat menjadi 80,76% dengan predikat Baik (B). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa daya ingat siswa dengan menggunakan model cooperative script berbantuan media audiovisual di kelas IVB SD Negeri 13/1 Muara Bulian dapat meningkat setelah diterapakan model cooperative script berbantuan media audiovisual. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13/1 Muara bulian pada januari 2019. data penelitian diperoleh dengan cara observasi dan tes (sebagai data utama) dan dokumentasi (sebagai data penunjang), setelah data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan rumus persentase.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | JAMILAH |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 06:09 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 06:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |