MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT BERBANTUAN MEDIA KARTU PECAHAN KELAS II SDIT AHMAD DAHLAN

LENY, DEWI MARGA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT BERBANTUAN MEDIA KARTU PECAHAN KELAS II SDIT AHMAD DAHLAN. JURNAL MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT BERBANTUAN MEDIA KARTU PECAHAN KELAS II SDIT AHMAD DAHLAN.

[img] Text
COVER .pdf

Download (87kB)
[img] Text
PENGSAHAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)

Abstract

ABSTRAK Leny, Dewi Marga. 2019. Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Menggunakan Model Concept Attainment Berbantuan Media Kartu Pecahan Kelas II SDIT Ahmad Dahlan: Skripsi, Jurusan Ilmu pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd., Kata kunci: Pemahaman Konsep Pecahan, Model Concept Attainment, Media Kartu Pecahan. Rendahnya pemahaman konsep pecahan merupakan masalah dalam penelitian ini. Faktor penyebab rendahnya pemahaman konsep pecahan siswa adalah terbatasnya variasi penggunaan model pembelajaran serta terbatasanya media pembelajaran yang ada. Sebagai bentuk pemecahkan masalah peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Concept Attainment berbantuan media kartu pecahan. Tujuannya adalah untuk mengetahui penerapan model Concept Attainment berbantuan media kartu pecahan dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan di kelas II SDIT Ahmad Dahlan. Penelitian ini dilakukan di SDIT Ahmad Dahlan Kota Jambi pada Januari 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas II siklus dimana dalam satu siklusnya terdapat 2 pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini diawali dengan perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IIB SDIT Ahmad Dahlan Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Concept Attainment berbantuan media kartu pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan. Langkah pertama dalam penerapan model Concept Attainment berbantuan media kartu pecahan adalah menyajikan konsep pecahan dengan menggunakan media kartu pecahan, media kartu pecahan berisikan gambar kontekstual mengenai benda-benda yang dekat dengan lingkungan siswa. Langkah kedua adalah pengujian pencapaian konsep, yaitu peserta didik mengidentifikasi kartu pecahan dengan cara mengelompokkan kartu pecahan sesuai dengan pecahannya. Langkah terakhir adalah analisis strategi pemikiran, yaitu guru membimbing peserta didik untuk mempresentasikan hasil identifikasi media kartu pecahan serta mengkonfirmasi kebenaran hasil analisis peserta didik. Dengan demikian diperoleh hasil observasi pemahaman konsep pecahan siklus I yaitu 53,01% meningkat pada siklus II menjadi 77,12%. Pada siklus I hasil evaluasi tes tertulis dengan ketuntasan klasikal 63,15% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 18,66% sehingga menjadi 81,81%. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih menekankan pada pemahaman konsep peserta didik. Pemahaman terhadap konsep merupakan hal yang sangat penting karena, pemahaman konsep merupakan landasan awal untuk ke materi berikutnya. Selain itu, guru harus lebih memperhatikan karakteristik peserta didik, serta lebih memanfaatkan media pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DEWI MARGA LENY
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:39
Last Modified: 05 Apr 2019 07:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7568

Actions (login required)

View Item View Item