PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MENGENAL SIMBOL SILA-SILA PANCASILA UNTUK KELAS II SDIT AL-AZHAR JAMBI

AB, SANTRIA ULFAH PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MENGENAL SIMBOL SILA-SILA PANCASILA UNTUK KELAS II SDIT AL-AZHAR JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MENGENAL SIMBOL SILA-SILA PANCASILA UNTUK KELAS II SDIT AL-AZHAR JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (100kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK AB, Santria Ulfah. 2019. Pengembangan Media Komik Mengenal Simbol Sila-sila Pancasila Untuk Kelas II SDIT Al-Azhar Jambi: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si, (2) Panut Setiono, S.Pd, M.Pd,. Kata kunci: Pengembangan media komik, media komik dan simbol sila-sila Pancasila Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana prosedur pengembangan media komik mengenal simbol sila-sila Pancasila untuk Kelas II Sekolah Dasar menggunakan model ADDIE dan bagaimana kevalidan, kepraktisan serta kemenarikan media komik mengenal simbol sila-sila Pancasila untuk Kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SDIT Al-Azhar Jambi pada Januari 2019 dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas II. Data penelitian ini diperoleh dari hasil validasi ahli media pembelajaran dan ahli materi pembelajaran serta angket guru kelas dan wawancara peserta didik. kemudian, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase dan secara kualitatif. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran yaitu media komik mengenal simbol sila-sila Pancasila untuk kelas II Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Hasil validasi oleh validator ahli media diperoleh rata-rata 4,64 dalam kategori “Sangat Valid”. Hasil validasi oleh validator ahli materi diperoleh rata-rata 4,78 dalam kategori “Sangat Valid”. Hasil angket dari respon guru kelas diperoleh rata-rata 4,33 dengan kategori “Sangat Praktis”. Setelah itu peneliti menguji cobakan kepada 6 orang peserta didik yakni 2 orang berkemampuan tinggi, 2 orang berkemampuan sedang dan 2 orang berkemampuan rendah untuk melihat respon siswa terhadap media komik yang dikembangkan. Berdasarkan wawancara siswa, hasilnya adalah respon positif dari semua siswa yang menyatakan bahwa media komik sangat menarik, dan ketika proses kegiatan belajar mengajar mereka senang dan bersemangat. Dari hasil penelitian ini, media komik mengenal simbol sila-sila Pancasila layak digunakan di kelas II Sekolah Dasar. Media komik termasuk kedalam kategori sangat valid dan mudah digunakan peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil validasi, serta hasil pengisian angket respon guru dan wawancara peserta didik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SANTRIA ULFA. AB
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:40
Last Modified: 05 Apr 2019 07:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7569

Actions (login required)

View Item View Item