AMELIA, AMELIA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BICARA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK B TK PARA BINTANG KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN KETERAMPILAN BICARA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK B TK PARA BINTANG KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (43kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (27kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (21kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Amelia. 2018. Meningkatkan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercakap-Cakap dengan Media Gambar di Kelompok B TK Para Bintang Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Nofrans Eka Saputra, S.Psi., M.A. Kata Kunci: Keterampilan Bicara, metode bercakap-cakap, media gambar visual. Latar belakang dari penelitian ini adalah bercakap-cakap mempunyai makna penting bagi perkembangan anak TK karena bercakap-cakap dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain, meningkatkan keterampilan dalam melakukan kegiatan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan keterampilan bicara anak usia 5-6 tahun sebelum kegiatan bercakap-cakap dengan media gambar, setelah kegiatan bercakap-cakap dengan media gambar untuk meningkatkan keterampilan bicara anak di TK Para Bintang kelompok B. Subjeknya adalah anak usia dini di kelas B yang berjumlah 10 anak, 6 laki-laki dan 4 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan melakukan refleksi pada akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus masing-masing 3 kali pertemuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar angket dari pengamatan berupa catatan lapangan dan dokumentasi. Pengolahan data bekerjasama dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang disediakan setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan bicara anak usia dini melaui metode bercakap-cakap dengan media gambar visual di kelompok B TK Para Bintang Kota Jambi yaitu: dari pratindakan 25,62% siklus I keterampilan bicara anak sudah mulai menunjukkan sedikit peningkatan yaitu pada siklus I prtemuan 1 29,84%, siklus I pertemuan 2 34,16% dan siklus I pertemuan 3 39,75%. Pada siklus II peningkatan keterampilan bicara anak sudah mulai berkembang yaitu pada siklus II pertemuan 1 54,84%, siklus II pertemuan 2 59,16%, dan siklus II pertemuan 3 64,75%. Pada siklus III peningkatan keterampilan bicara anak sudah menunjukkan peningkatan yang sangat baik sehingga mencapai keberhasilan yaitu pada siklus III pertemuan 1 persentase anak mencapai 72,88%, siklus III pertemuan 2 73,47%, dan siklus III pertemuan 3 persentase keterampilan bicara anak mencapai 96,84% melebihi kriteria nilai ketuntasan. Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan bicara anak usia 5-6 tahun melalui metode bercakap-cakap dengan media gambar visual di kelompok B TK Para Bintang Kota Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi kriteria keberhasilan 75%, maka penelitian tindaka kelas ini dianggap berhasil.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AMELIA |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 01:33 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 01:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |