Anisa Harnita, Nur (2025) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Full Day School Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (879kB) |
Abstract
ABSTRAK Harnita, Nur Anisa 2025. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Full Day School Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Muhammad Arif Liputo, M.Pd., (II) Nurmala Sari, S.Pd., M.Pd Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Full Day School, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sekolah MAN 1 Kota Jambi yang baru saja menerapkan full day school pada tahun ajaran 2020/2021. Dengan strategi pembelajaran yang kurang mendukung atau kurang bervariasi serta keterbatasan sarana dan prasarana pendukung. Hal ini berdampak pada efektivitas strategi pembelajaran yang diterapkan guru dan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini juga bertujuan menganalisis pengaruh strategi pembelajaran dan full day school terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN 1 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui nilai raport semester dan penyebaran angket secara langsung kepada 100 peserta didik. Teknik analisis yang data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji validitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, regresi linear berganda, uji T, Uji F, ujisimultan, uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian, menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran (X1) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung sebesar 5,342 dan nilai signifikan 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik strategi pembelajaran yang diterapkan, maka semakin tinggi prestasi belajar siswa. Sementara itu, Full Day School (X2) tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung sebesar -11,358 dan nilai signifikan 0,000. Hal ini mengindikasikan bahwa full day school memperpanjang waktu belajar disekolah, efektivitasnya bergantung pada strategi pembelajaran yang digunakan. Selain itu analisis simultan menunjukkan bahwa kedua variabel (Strategi Pembelajaran dan full day school) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai Fhitung sebesar 75,627 dan nilai signifikan 0,000. Temuan ini menegaskan pentingnya penggunaan strategi pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Dan perlu adanya perbaikan dalam strategi pembelajaran yang lebih bervariasi serta peningkatan fasilitas pendukung full day school dapat berjalan efektif dan memberi dampak bagi prestasi belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Full Day School, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Harnita |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 07:30 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 07:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |