UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA KELOMPOK B TK PERTIWI KOTA JAMBI

KAUSAR, PUTRI UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA KELOMPOK B TK PERTIWI KOTA JAMBI. JURNAL UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA KELOMPOK B TK PERTIWI KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.rtf

Download (1MB)
[img] Text
PENGESAHAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.rtf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Kausar, 2019 : “Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus melalui Kegiatan Mozaik Pada Kelompok B TK Pertiwi Kota Jambi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : ( I ) Prof. Dr. Hj. Emosda, M.Pd, Kons ( II ) DR. H. Hendra Sofyan, Msi Kata Kunci : Perkembangan Motorik Halus, Mozaik Penelitian ini berlatar belakang pada belum biasanya anak melakukan kegiatan mozaik dengan temannya terutama dalam menggunakan potongan kertas ,daun-daunan, serbuk kayu, dan biji-bijian Peneliti mencoba meningkatkan perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan mozaik. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motorik halus anak kelompok B pertiwi kota jambi melalui kegiatan mozaik anak dapat mengembangkan sikap percaya diri, tanggung jawab dan bekerja sama. Dengan berbagai potongan kertas, daun-daunan, serbuk kayu, dan biji-bijian anak dapat mengubah pola gambar mozaik menjadi sebuah hasil karya baru atau suatu hal yang bermanfaat bagi mereka. Perkembangan motorik halus bertujuan untuk mengetahui perkembangan anak sebelum melakukan kegiatan mozaik, dan setelah anak melakukan kegiatan mozaik di TK Pertiwi Kota Jambi Perkembangan motorik halus merupakan kemampuan untuk menggunakan otot tangan dengan baik terutama jari-jari tangan antara lain dengan melipat, menggenggam, mengambil dengan jari, dan menempel. Perkembangan motorik halus adalah gerak yang mengunakan otot-otot halus yang berkoordinasi dengan otak dalam melakukan suatu kegiatan. Motorik diartikan sebagai gerakan yang mungkin dapat dilakukan oleh seluruh tubuh. Proses tumbuh kembang kemampuan gerak anak disebut perkembangan motorik. Mozaik adalah suatu cara membuat kreasi gambar/ lukisan atau hiasan yang dilakukan dengan cara menempelkan / merekatkan potongan-potongan atas bagian-bagian bahan tertentu yang ukurannya kecil-kecil. Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan dengan proses refleksi diri yang melibatkan guru dengan tujuan hasil belajar anak dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Melalui kegiatan mozaik untuk meningkatkan perkembangan Motorik halus anak di TK Periwi Kota Jambi. Terbukti dengan nilai rata-rata pada siklus I, II dan III pada kriteria penilaian anak Berkembang Sangat Baik (BSB) mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siklus I terdapat peningkatan pada Siklus II dan demikian pula dengan Siklus III. Peningkatan perkembangan motorik halus anak tersebut dapat diuraikan sebagai berikut: pada Siklus I perkembangan anak dengan rata-rata kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dalam penilaian observasi sebanyak 50,38%, pada siklus II meningkat (BSB) menjadi 70% dan pada Siklus III (BSB) meningkat lagi menjadi 80, 56 %.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PUTRI KAUSAR
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:33
Last Modified: 08 Apr 2019 01:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7575

Actions (login required)

View Item View Item