Safitri, Maya (2025) Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Dengan Media Vlog Museum Perjuangan Berbasis Youtube Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
MAYA SAFITRI.A1A221061.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN .pdf Download (649kB) |
Abstract
ABSTRAK MAYA SAFITRI . 2025. Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Dengan Media Vlog Museum Perjuangan Berbasis Youtube Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Sejarah PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd. (2) Muhammad Adi Saputra, M.Pd. Kata Kunci: Minat Belajar, Sejarah, Vlog, Museum Perjuangan, YouTube, Media Pembelajaran. Penggunaan teknologi media pembelajaran seperti vlog berbasis YouTube terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran sejarah. Hal ini menunjukkan bahwa inovasi media pembelajaran digital dapat menjadi alternatif yang baik dalam pembelajaran sejarah di era digital saat ini. Media vlog tidak hanya membantu siswa memahami materi secara visual, tetapi juga memotivasi mereka untuk belajar secara mandiri di luar kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media vlog berbasis YouTube mampu meningkatkan minat belajar siswa. Pada pra siklus dengan nilai rata-rata 52,2 kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 68,125 kemudian meningkat lagi pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,125 Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 25% sedangkan pada siklus I adalah 59% kemudian meningkat lagi pada siklus II yaitu 90%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan penerapan media pembelajaran vlog dapat meningkatkan minat belajar Sejarah siswa di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Kota Jambi dengan memanfaatkan media vlog berbasis YouTube. Vlog Museum Perjuangan digunakan sebagai sarana untuk menyajikan materi sejarah dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus, yang melibatkan pengumpulan data melalui observasi, angket, dan tes hasil belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Sejarah, Vlog, Museum Perjuangan, YouTube, Media Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | MAYA SAFITRI |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 03:51 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 03:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |