PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Dinata, Serica Aulia (2025) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Serica Aulia Dinata_A1D121055_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (533kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika dalam pembelajaran muatan lokal Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di kelas VA SDN 059/IV Jambi serta mengidentifikasi upaya guru dalam mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian yang terdiri dari wali kelas serta siswa kelas VA. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat beberapa problematika utama dalam pelaksanaan pembelajaran PLH. Problematika tersebut meliputi keterbatasan alokasi waktu yang hanya satu jam pelajaran per minggu, kurangnya sumber daya pembelajaran yang mendukung, serta pendekatan pengajaran yang masih terbatas dalam variasi metode. Selain itu, implementasi kurikulum KTSP 2006 yang sudah tidak lagi selaras dengan kebutuhan siswa turut menjadi tantangan dalam pembelajaran. Namun demikian, guru berupaya mengatasi problematika-problematika ini dengan berbagai strategi, seperti memanfaatkan bahan ajar tambahan berupa video pembelajaran, melibatkan siswa dalam kegiatan praktik seperti menanam tanaman obat, serta memberikan penjelasan yang lebih kontekstual agar materi lebih mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat berbagai problematika, kreativitas dan fleksibilitas guru dalam mengadaptasi metode pembelajaran memungkinkan proses pembelajaran PLH tetap berjalan dengan efektif. Rekomendasi yang diajukan dalam penelitian ini mencakup perlunya pembaruan kurikulum agar lebih sesuai dengan kebutuhan siswa, penyediaan media pembelajaran yang lebih variatif dan relevan, serta peningkatan peran serta orang tua dan masyarakat dalam mendukung pembelajaran berbasis lingkungan. This study aims to describe the problems in teaching the local content subject of Environmental Education (PLH) in class VA at SDN 059/IV Jambi and to identify the teacher’s efforts in overcoming obstacles encountered during the learning process. This research employs a qualitative approach with a case study method. Data were collected through observation, interviews, and documentation, with research subjects consisting of the homeroom teacher and students of class VA. The study reveals several key issues in the implementation of PLH learning. These include limited time allocation of only one lesson hour per week, a lack of supporting learning resources, and a teaching approach that lacks variation in methods. Additionally, the implementation of the 2006 KTSP curriculum, which is no longer aligned with students' needs, poses a challenge in the learning process. However, the teacher attempts to address these issues through various strategies, such as utilizing supplementary learning materials in the form of educational videos, engaging students in practical activities like planting medicinal plants, and providing more contextual explanations to make the material easier to understand and more relevant to students' daily lives. This study concludes that despite various challenges, the teacher’s creativity and flexibility in adapting teaching methods enable the PLH learning process to continue effectively. The recommendations proposed in this research include the need for curriculum updates to better suit students' needs, the provision of more diverse and relevant learning media, and the enhancement of parental and community involvement in supporting environmentally-based learning.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Lingkungan Hidup, Muatan Lokal, Problematika Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Dinata
Date Deposited: 04 Mar 2025 03:40
Last Modified: 04 Mar 2025 03:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75765

Actions (login required)

View Item View Item