Khusniah, Leni (2025) ANALISIS PENERAPAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (480kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pada tema kearifan lokal pada kurikulum merdeka kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Lubuk Harjo pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Subjek penelitian yaitu Ibu D selaku wali kelas VA dan Bapak S selaku wali kleasa VB. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal pada kurikulum merdeka kelas V sekolah dasar, telah terlaksana. Dalam penerapan P5 terdapat beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2) faktor pendukung yang terlibat adalah guru, orang tua, pemanfaatan teknologi informasi, serta keterlibatan masyarakat. Kerjasama serta kolaborasi antar pihak menjadi kunci agar program ini mampu memberikan dampak positif yang berarti bagi pembentukan karakter peserta didik. Sedangkan faktor penghambat di dalam penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila adalah adanya karakter peserta didik yang berbeda serta kurangnya jam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian adalah penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila bahwa guru kelas V berhasil menerapkan proyek tersebut. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari implementasi pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila dalam sekolah, yang tidak terlepas dari peran penting pendik dalam mengimplementasikannya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Penerapan, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Khusniah |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 02:16 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 02:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |