Analisis Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di SMA Negeri 17 Tebo

Hasanah, Wardatun (2025) Analisis Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di SMA Negeri 17 Tebo. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (374kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini menunjukkan masalah bahwa terdapat guru yang belum memahami dan melaksanakan sepenuhnya Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran karena disebabkan guru yang belum memiliki pengalaman terhadap kurikulum merdeka, pengetahuan yang masih terbatas, serta guru yang belum familiar dengan pembaharuan akses belajar pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui solusi dalam mengatasi Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 17 Tebo. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 17 Tebo khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informasi yang didapat melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru masih mengalami Kesulitan utama meliputi penerapan pembelajaran berdiferensiasi, , menentukan materi yang sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa, metode asesmen yang dianggap rumit, kesulitan memahami karakter siswa yang beragam, kesulitan menyusun perangkat pembelajaran seperti merancang modul ajar serta guru kurang paham tentang tujuan dalam menerapkan profil pelajar pancasila dimana guru kesulitan dalam proses perencanaan dan pelaksanaannya karena harus menentukan tema proyeknya. Solusinya yaitu adanya upaya sekolah untuk mengadakan pelatihan khusus, sekolah akan melengkapi keterbatasan sarana dan prasarana, dan upaya kolaborasi melalui kegiatan MGMP untuk meningkatkan kompetensi guru. Kesimpulannya yaitu guru masih menghadapi berbagai hambatan seperti, menerapkan pembelajaran yang berbeda, menyesuaikan materi, serta mengelola metode asesmen yang rumit dan kesulitan memahami keragaman karakter siswa. Penyusunan perangkat ajar juga mengalami kendala, Guru kesulitan mengimplementasikan profil pelajar Pancasila, terutama dalam menentukan tema proyek. Guru juga belum memahami cara mengimplementasikan profil pelajar Pancasila, terutama dalam menentukan tema proyek yang sesuai. Solusi yang dapat dilakukan meliputi penyelenggaraan pelatihan dan pendampingan bagi guru, pemberian dukungan oleh pihak sekolah, serta penguatan kerja sama melalui komunitas guru.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Guru, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: HASANAH
Date Deposited: 05 Mar 2025 03:34
Last Modified: 05 Mar 2025 03:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75835

Actions (login required)

View Item View Item