Ismaya, Mayang (2024) pembinaan karakter kewirausahaan peserta didik melalui program market day di sd negeri 131/IV kota jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
halaman Pengesahan dan Peretujuan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu mendeskripsikan pembinaan karakter kewirausahaan peserta didik melalui program market day di SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Maka penelitian ini dapat difokuskan pada pembinaan karakter kewirausahaan peserta didik melalui program market day di SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDN 131/IV Kota Jambi pada Bulan Desember 2024 hingga Januari 2025. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti memilih pendekatan ini karena sesuai dengan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan pembinaan karakter kewirausahaan peserta didik melalui program market day di SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Adapun subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VA SDN 131/IV Kota Jambi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan melakukan studi dokumen dan observasi secara langsung dari mulai proses hingga pelaksanaan kegiatan market day. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VA berhasil menumbuhkan, mengembangkan, dan menanamkan jiwa karakter kewirausahaan pada kegiatan market day di SD, yang tercermin dalam peningkatan sikap proaktif, kreatif, dan kemampuan mereka dalam merencanakan, mengelola, serta menjalankan usaha kecil. Melalui kegiatan ini, siswa juga belajar untuk menghadapi tantangan, mengambil inisiatif, serta bekerja sama dalam tim, yang mengasah kemampuan komunikasi dan kepemimpinan mereka secara keseluruhan berkontribusi dalam membentuk karakter kewirausahaan yang tangguh dan inovatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VA memiliki potensi kewirausahaan yang meliputi kreativitas, inovasi, kepemimpinan, tanggung jawab, kerja sama, dan keberanian dalam mengambil risiko. Potensi-potensi ini menjadi indikator penting dalam pembentukan karakter kewirausahaan, yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan sikap dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di masa depan. This research aims to answer the research problem, which is to describe the entrepreneurial character development of students through the market day program at SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Therefore, this study can focus on the entrepreneurial character development of students through the market day program at SD Negeri 131/IV Kota Jambi. This research was conducted at SDN 131/IV Kota Jambi from December 2024 to January 2025. The research data was obtained through observation, interviews, and document studies. The approach used in this study is qualitative with a case study research type. The researcher chose this approach because it aligns with the research goal, which is to describe the entrepreneurial character development of students through the market day program at SD Negeri 131/IV Kota Jambi. The subjects of this study are the students of class VA at SDN 131/IV Kota Jambi. The data collected were then analyzed through document study and direct observation, from the process to the implementation of the market day activity. The research results show that the students of class VA succeeded in fostering, developing, and instilling the entrepreneurial character in the market day activity at the school. This was reflected in the increase in their proactive attitude, creativity, and abilities in planning, managing, and running small businesses. Through this activity, students also learned to face challenges, take initiative, and work together in teams, which enhanced their communication and leadership skills. Overall, these contributed to forming a resilient and innovative entrepreneurial character. Based on the research findings, it can be concluded that the students of class VA possess entrepreneurial potential, including creativity, innovation, leadership, responsibility, cooperation, and the courage to take risks. These potentials serve as important indicators in the development of entrepreneurial character, enabling students to develop the attitudes and skills necessary to face future challenges.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Market day, Pembinaan karakter, Karakter kewirausahaan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | MAYANG ISMAYA |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 06:00 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 06:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |