Analisis Konstruksi Pengetahuan Spatial Bersumber Pada Etnomatematika Pada Siswa SMP

Irma Mutia, Rada (2025) Analisis Konstruksi Pengetahuan Spatial Bersumber Pada Etnomatematika Pada Siswa SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (782kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN-2.pdf

Download (670kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi pada 31 November 2024. Data calon subjek penelitian diperoleh dari tes awal siswa dengan cara melihat kesamaan (jenuh) jawaban calon subjek sehingga diambil satu dari masing-masing kelompok, kemudian dari hasil tes awal dipilih 3 siswa sebagai subjek penelitian. Data subjek penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan lembar pencerapan informasi dan soal tes etnomatematika kepada subjek penelitian yang diselesaikan dengan think aloud. Kemudian ketiga subjek diwawancara setelah mengerjakan soal tes sebagai data pendukung. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek S1 dapat memenuhi kelima indikator kemampuan spatial, dimana subjek menyusun pengetahuan berdasarkan asimilasi dan akomodasi. Selanjutnya S2 dapat memenuhi kelima indikator kemampuan spatial dan menyusun pengetahuan secara asimilasi. Adapun untuk subjek S3 hanya memenuhi tiga indikator kemampuan spatial dikarenakan kurang ketelitian dan terburu-buru dalam menyelesaikan soal dan subjek S3 menyusun pengetahuan secara asimilasi. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menjadikan bahan evaluasi dalam pembelajaran saat ini agar dapat melihat proses konstruksi siswa dalam pembelajaran di kelas khususya kemampuan spatial siswa. diharapkan guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik dengan mengaitkan budaya lokal. Selain itu diharapkan dengan pembelajaran yang dikaitkan dengan budaya lokal dapat meningkatkan kemampuan spatial siswa terkhususnya materi geometri dan siswa dapat menyelesaikan permasalahan kontekstual dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Pengetahuan, Kemampuan Spatial, Etnomatematika
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rada Irma Mutia
Date Deposited: 06 Mar 2025 07:12
Last Modified: 06 Mar 2025 07:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75904

Actions (login required)

View Item View Item