Pengaruh Penerapan Metode Ice Breaking terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII Mts Nur Ma'arif Talang Bakung Kota Jambi

Ulya, Mahmudatul (2025) Pengaruh Penerapan Metode Ice Breaking terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII Mts Nur Ma'arif Talang Bakung Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (429kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (298kB)
[img] Text
daftar pustakaa.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (72kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidak pengaruh penerapan metode ice breaking terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII Mts Nur Ma’arif Talang Bakung Kota Jambi. Dalam proses pembelajaran penting seorang siswa memiliki rasa minat belajar agar terjadi perubahan belajar kearah lebih positif. Di penelitian ini, dalam proses pembelajaran siswa merasa tidak ada minat belajar khusus nya pembelajaran bahasa Arab, dikarenakan siswa merasa pembelajaran bahasa Arab itu sulit, ditambah metode yang digunakan adalah metode konvesional yang membuat siswa merasa bosan, ngantuk, bahkan beberapa siswa sibuk mengobrol sehingga proses pembelajaran tidak kondusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Menggunakan desain penelitian The Matching Pretest-Posttest Control Group Desain, karena bertujuan untuk mencari pengaruh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas, yakni kelas eksperimen (kelas VIIa) dan kelas kontrol (kelas VIIb). Hasil penelitian ini menggunakan analisis uji-t yang mana menunjukan bahwa nilai sig pada kelas eksperimen dan kontrol 0,00. Nilai signifikan menyatakan lebih kecil dari 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya penerapan ice breaking berpengaruh terhadap minat belajar bahasa arab siswa Mts Nur Ma’arif Talang Bakung Kota Jambi. Kata kunci: Ice Breaking, Minat Belajar, Bahasa Arab Abstract This study aims to see whether or not there is an effect of the application of the ice breaking method on the interest in learning Arabic language of seventh grade students of Mts Nur Ma'arif Talang Bakung Jambi City. In the learning process, it is important for a student to have a sense of interest in learning so that learning changes towards a more positive direction. In this study, in the learning process students felt that there was no interest in learning, especially learning Arabic, because students felt that learning Arabic was difficult, plus the method used was a conventional method that made students feel bored, sleepy, even some students were busy chatting so that the learning process was not conducive. This research uses a quantitative approach. Using the research design The Matching Pretest-Posttest Control Group Design, because it aims to seek influence. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The sample in this study used two classes, namely the experimental class (class VIIa) and the control class (class VIIb). The results of this study using t-test analysis which shows that the sig value in the experimental and control classes is 0.00. The significant value states that it is smaller than 0.05, so it can be stated that Ha is accepted and Ho is rejected, which means that the application of ice breaking affects the interest in learning Arabic of Mts Nur Ma'arif Talang Bakung Jambi City students.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ice Breaking, Learning Interest, Arabic Language
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: Ulya
Date Deposited: 07 Mar 2025 03:58
Last Modified: 07 Mar 2025 03:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75909

Actions (login required)

View Item View Item