ANALISIS KESULITAN GURU DALAM UNJUK KERJA AKSI NYATA PADA PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) DI SDN 187/I TERATAI MUARA BULIAN

Marito, Anesya (2025) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM UNJUK KERJA AKSI NYATA PADA PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) DI SDN 187/I TERATAI MUARA BULIAN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (590kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (715kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

MARITO, ANESYA. 2025. .Analisis Kesulitan Guru dalam Unjuk Kerja Aksi Nyata pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SDN 187/I Teratai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd.,(II) Hendra Budiono, S.Pd., M. Pd Kata Kunci: Kesulitan guru, unjuk kerja aksi nyata, platform Merdeka Mengajar, SDN 187/I Teratai Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan unjuk kerja aksi nyata pada platform Merdeka Mengajar di SDN 187/I Teratai. Platform Merdeka Mengajar merupakan salah satu inovasi pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memberikan kebebasan bagi guru untuk berkreasi dan berinovasi. Namun, implementasi platform ini tidak lepas dari tantangan, khususnya dalam hal unjuk kerja aksi nyata yang harus dilakukan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru-guru yang terlibat dalam program Merdeka Mengajar di SDN 187/I Teratai, observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran, dan analisis dokumen yang berkaitan dengan penggunaan platform tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi beberapa kesulitan utama, antara lain keterbatasan dalam pemahaman teknis penggunaan platform, waktu yang terbatas untuk merancang aksi nyata, serta kurangnya dukungan dari lingkungan sekolah. Selain itu, faktor eksternal seperti konektivitas internet yang terkadang tidak stabil juga turut menjadi hambatan. Hasil penelitian ini, disarankan agar pihak sekolah lebih bijak dalam mengatur waktu pengerjaan aksi nyata ini dan memberikan pelatihan dan pendampingan lebih intensif terkait penggunaan platform Merdeka Mengajar, serta meningkatkan infrastruktur teknologi untuk mendukung kelancaran implementasi. Dukungan dari berbagai pihak, baik kepala sekolah, maupun rekan kerja sesama guru juga sangat diperlukan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan guru, unjuk kerja aksi nyata, platform Merdeka Mengajar, SDN 187/I Teratai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: MARITO
Date Deposited: 10 Mar 2025 07:10
Last Modified: 20 May 2025 04:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75998

Actions (login required)

View Item View Item