sinaga, santi (2025) analisis peran panti asuhan dalam menanamkan nilai karakter kemandirian terhadap anak asuh panti asuhan ibadurahman arizona simpang 3 sipin kota jambi. S1 thesis, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan.
![]() |
Text
Skripsi Santi ya Yesus.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
TTD SANTI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (799kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISII.pdf Download (226kB) |
Abstract
Sinaga, Santi 2025. Analisis Peran Panti Asuhan Dalam Menanamkan Nilai Karakter Kemandirian Terhadap Anak Asuh Panti Asuhan Ibadurahman Arizona Simpang III Sipin Kota Jambi: Skripsi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Irzal Anderson, M. Si. (II) Siti Tiara Maulia, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Panti Asuhan, Pendidikan Karakter, Kemandirian, Anak Asuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Panti Asuhan Ibadurahman Arizona dalam menanamkan nilai karakter kemandirian pada anak asuh. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter terutama pada nilai kemandirian sangat penting dalam membentuk pribadi yang bertanggung jawab dan percaya diri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan lapangan, melibatkan observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Panti Asuhan Ibadurahman Arizona berperan penting dalam menanamkan nilai karakter kemandirian melalui berbagai program pembiasaan, seperti gotong royong, tugas harian, dan pembinaan spiritual. Anak-anak diajarkan untuk mengelola waktu, menyelesaikan tugas tanpa bantuan, serta bertanggung jawab atas keputusan mereka. Meskipun demikian, penelitian menemukan bahwa beberapa anak masih mengalami kesulitan dalam menunjukkan rasa percaya diri dan kepedulian sosial. Hambatan utama yang dihadapi panti meliputi keterbatasan sumber daya manusia dan materi, serta latar belakang sosial-emosional anak yang beragam. Faktor pendukung keberhasilan program ini antara lain adalah aturan panti yang tegas, dukungan pengurus yang konsisten, serta komitmen anak-anak asuh untuk belajar dan berkembang. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan metode pembelajaran berbasis keterampilan hidup, pelatihan intensif bagi pengurus, dan penyediaan fasilitas pendukung yang memadai untuk menunjang pengembangan karakter kemandirian anak asuh. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan metode pembelajaran berbasis keterampilan hidup, pelatihan bagi pengurus, serta penyediaan fasilitas pendukung yang lebih memadai guna meningkatkan pengembangan karakter kemandirian anak asuh.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SINAGA |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 07:19 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 07:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |