PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI DAMPAK PEMANASAN GLOBAL DI MAN 2 KOTA JAMBI

Balqis, Putri and Hidayat, Muhammad and Amnie, Erlida (2025) PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI DAMPAK PEMANASAN GLOBAL DI MAN 2 KOTA JAMBI. Jurnal Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 14 (2). ISSN P-ISSN 2301-833X and E-ISSN 2503-2275 (Submitted)

[img] Text
Putri Balqis Ar Rasyid, Universitas Jambi, Indonesia.pdf

Download (421kB)
Official URL: https://online-journal.unja.ac.id/edusains/index

Abstract

Pemanasan global merupakan permasalahan lingkungan yang semakin meningkat dan memerlukan pemahaman yang mendalam oleh peserta didik. Namun, pembelajaran konvensional yang masih banyak diterapkan cenderung kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap dampak pemanasan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-magazine berbasis Problem-Based Learning (PBL) sebagai media pembelajaran pada materi dampak pemanasan global di MAN 2 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket respon siswa, serta tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-magazine berbasis PBL yang dikembangkan mendapatkan kategori sangat valid dari ahli materi dan ahli media dengan skor rata-rata 89,5%. Respon siswa terhadap e-magazine menunjukkan tingkat keterbacaan dan ketertarikan yang tinggi dengan persentase 86,7%, serta terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan e-magazine ini, dengan hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan sebesar 32%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-magazine berbasis PBL ini layak digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap dampak pemanasan global. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan media pembelajaran berbasis digital yang mendukung pembelajaran aktif dan kontekstual di sekolah.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: RASYID
Date Deposited: 11 Mar 2025 01:17
Last Modified: 11 Mar 2025 01:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76024

Actions (login required)

View Item View Item