PRATAMA, DEKA WAHYU KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI. JURNAL KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.doc Download (54kB) |
|
![]()
|
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (725kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.doc Download (45kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.doc Download (53kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.doc Download (32kB) |
Abstract
ABSTRAK Pratama, Deka Wahyu. 2019. Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, pembimbing: (I) Dr. Ir. Denny Denmar, M.P., (II) Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I., M.Pd.I., Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi pedagogik guru, kinerja guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini berjumlah 64 guru dengan sampel berjumlah 41 guru. Instrument pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likers yang memiliki 5 alternatif jawaban yang terdari atas 56 item pernyataan. Dengan masing-masing variabel kepemimpinan kepala sekolah sebanyak 19 item pernyataan, kompetensi pedagogik guru sebanyak 18 item pernyataan dan kinerja guru sebanyak 19 item pernyataan. Uji validitas instumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment, sedangkan untuk reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS 22. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, linearitas, heterokedastitas, dan multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kepemimpinan kepala sekolah secara parsial memiliki kontribusi signifikan terhadap kinerja guru dengan sumbangan kontribusi variabel kepemimpinan kepala sekolah sebesar 15,13%. 2) Kompetensi pedagogik guru secara parsial memiliki konstribusi yang signifikan terhadap kinerja guru dengan sumbangan kontribusi variabel kompetensi pedagogik guru sebesar 16,56%. 3) Kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru secara simultan memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru dengan sumbangan kontribusi sebesar 80,5%. Dari hasil penelitian ini disarankan guru agar mempertahankan dan meningkatkan kompetensi pedagogik dan kinerjanya, serta memotivasi diri dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya menjadi lebih efektif. Selain itu, usaha untuk lebih percaya diri dan sabar dalam menghadapi masalah dalam mengajar serta pemecahan masalah.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DEKA WAHYU PRATAMA |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 04:22 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 04:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |