APRIYANTI, LISA POLA ASUH ORANG TUA PERMISIF PADA INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI KELUARGA PETANI PADI DI TK KECAMATAN SEKERNAN MUARO JAMBI. JURNAL POLA ASUH ORANG TUA PERMISIF PADA INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI KELUARGA PETANI PADI DI TK KECAMATAN SEKERNAN MUARO JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (53kB) |
|
Text
PENGESAHAN.docx Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (259kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
Abstract
ABSTRAK Lisa Apriyanti. 2018. Pola Asuh Orang Tua Permisif Pada Interaksi Sosial Anak Usia Dini Keluarga Petani Padi Di TK Kecamatan Sekernan Muaro Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing I. Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd, Pembimbing II. Nyimas Mu’azzomi, S.Ag.,M.Pd.I Kata Kunci :Pola Asuh Permisif, Interaksi Sosial Anak Usia Dini Pola asuh permisif yang dimaksud adalah orang tua yang mengabaikan anaknya, kontrol terhadap anak kurang, membiarkan anak dan orang tua bersifat masa bodoh karena sibuk diladang/sawah sehingga orang tua tidak punya waktu untuk anak padahal anak umur 4-6 tahun adalah dimana masa anak yang membutuhkan peran penting orang tuanya untuk tumbuh kembang anak agar menjadi anak yang tumbuh sesuai usianya. Sedangkan Interaksi sosial anak usia dini yang dimaksud adalah kemampuan yang dimiliki oleh anak dalam melakukan hubungan baik antara teman-temannya, antara anak dan guru maupun anak dengan orang tuanya, baik dalam menerima, maupun menolak dan menilai komunikasi yang diperboleh dalam bentuk proses interaksi. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua permisif pada interaksi sosial anak usia dini keluarga petani padi di TK Kecamatan Sekernan Muaro Jambi. Secara khusus bertujuan untuk (1) Mendeskripsikanpola asuh orang tua permisif pada interaksi sosial antar teman- temannya di TK Kecamatan Sekernan Muaro Jambi. (2) Mendeskripsikanpola asuh orang tua permisif pada interaksi sosial antara siswa dan guru di TK Kecamatan Sekernan Muaro Jambi. (3) Mendeskripsikan pola asuh orang tua permisif pada interaksi sosialantara siswa dan orang tua di TK Kecamatan Sekernan Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif, Menurut sugiyono (2016:14) Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random acak, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistic dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diolah secara keseluruhan, dapat diketahui bahwa pola asuh orang tua permisif pada interaksi sosial anak usia dini keluarga petani padi di TK Kecamatan Sekernan Muaro Jambi berada pada kualitas “ Sedang”, dengan hasil rata-rata bobot 55,6%. Dari hasil analisis data tersebut berdasarkan indikator, maka dapat diketahui bahwa pola asuh orang tua permisif pada interaksi sosial anak usia dini indikator interaksi sosial antar teman berada pada kualitas “Sedang” (38,2%), analisis data pola asuh orang tua permisif pada interaksi sosial anak usia dini indikator interaksi sosial antar anak dan guru yang berhubungan dengan prosedur pelaksanaan aktivitas gerak berada pada kualitas “Baik” (30,2%) dan pola asuh orang tua permisif pada interaksi sosial anak usia dini indikator interaksi sosial antar anak dan orang tua berada pada kualitas “Sedang” (42,9%),. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada orang tua, hendaknya lebih memperhatikan anak dalam melakukan hubungan baik antara teman-temannya, antara anak dan guru maupun anak dengan orang tuanya, baik dirumah, disekolah dan lingkungan luar, dan dapat berkomunikasi dengan baik dalam bentuk proses interaksi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | LISA APRIYANTI |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 04:55 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 04:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7607 |
Actions (login required)
View Item |