PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMAN 11 KOTA JAMBI

Ramadan, Asbul Dio and Wicaksana, Ervan Johan and Mataniari, Raissa (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMAN 11 KOTA JAMBI. Syntax literate, 8 (4). ISSN 2541-0849

[img] Text
Artikel ilmiah asbul dio.pdf

Download (680kB)
Official URL: https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif sangat penting dalam pembelajaran abad 21, namun belum sepenuhnya dieksplor oleh siswa dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar menjadi kurang optimal. Maka dibutuhkan alternatif penggunaan model dalam pembelajaran yang dapat melibatkan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model project based learning (PjBL) yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran, menciptakan proyek sehingga dapat mengembangkan atau melatih kemampuan berpikir kreatif dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 11 Kota Jambi dengan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (Quasi Experimental Reseach) dengan rancangan Non-randomized Control-Group Prestest Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X atau fase E. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel diambil sebanyak dua kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes esai untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif, serta observasi keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian telah divalidasi. Analisis data menggunakan teknik uji One Way Mancova. Model pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol telah terlaksana dengan baik dalam tiga kali pertemuan. Hasil uji One Way Mancova terlihat bahwa: 1) Terdapat pengaruh besar model PjBL terhadap kemampuam berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif [F(2,57) = 6,632, p = 0,003, Partial Eta Squared = 0,189]. 2) Terdapat pengaruh sedang yang diberikan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif [F (1,58) = 4,307, p = 0,042, Partial Eta Squared = 0,069]. 3) Terdapat pengaruh besar yang diberikan model PjBL terhadap hasil belajar kognitif [F (1,58) = 10,185, p = 0,002, Partial Eta Squared = 0,149]. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa. Terdapat effect size dengan pengaruh besar. Saran dalam penelitian ini, pendidik dapat menggunakan model project based learning sebagai sarana alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RAMADAN
Date Deposited: 13 Mar 2025 00:57
Last Modified: 13 Mar 2025 00:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76116

Actions (login required)

View Item View Item