Marbun, Theresia Oktavia EFEKTIVITAS MODEL GENICS PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP LITERASI SAINS DAN META-SKILLS SISWA SMA. Artikel Ilmiah Mhs FKIP Universitas Jambi. (Submitted)
![]() |
Text
Artikel_Ilmiah_Theresia_Marbun.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan literasi sains dan meta-skills siswa di SMA Negeri 5 Kota Jambi, dengan fokus pada penerapan model pembelajaran GENICS dan PBL. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan desain Non randomized Control Group Pretest Posttest. Sampel penelitian terdiri dari kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-11 sebagai kelas kontrol, yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji linearitas, homogenitas, normalitas, dan One Way Mancova. Hasil menunjukkan bahwa model GENICS lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dibandingkan model PBL (F(1,62)=4,117, p=0,047). Namun, tidak terdapat perbedaan signifikan dalam pengembangan meta-skills antara kedua model (F(1,62)=0,045, p=0,833). Penelitian ini menyimpulkan bahwa model GENICS dapat diterapkan untuk meningkatkan literasi sains siswa, dengan perhatian pada sintaks pembelajaran dan sarana prasarana yang mendukung. Kata Kunci: Efektivitas, GENICS, Literasi Sains, Meta-skills, PBL
Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, GENICS, Literasi Sains, Meta-skills, PBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | MARBUN |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 00:59 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 00:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |