Safitri, makhfira and Astalini, Astalini and Kurniawan, Dwi Agus Diagnosis Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 10 Muaro Jambi. Cakrawala Pendidikan. (Unpublished)
![]() |
Text
0.COVER.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (535kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (82kB) |
Abstract
Sikap merupakan suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Sikap itu seperti ukuran dari perasaan dan pikiran seseorang untuk bertindak terhadap suatu aspek sehingga akan menentukan tindakan yang akan dilakukan siswa di masa yang akan datang. Dengan mengetahui sikap siswa terhadap suatu mata pelajaran maka tujuan pembelajaran tersebut akan lebih mudah tercapai. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadap mata pelajaran Fisika di SMAN 10 Muaro Jambi serta faktor yang mempengaruhi siswa mempunyai sikap tersebut. Sampel yang digunakan sebesar 216 orang untuk kuantitatif dan 10 orang untuk kualitatif. Adapun instrumen yang digunakan adalah angket sikap yang terdiri dari 54 butir pertanyaan. Adapun jenis penelitian ini adalah metode campuran sekuensial eksplanatori. Tahap pertama pada penelitian ini yaitu dengan metode kuantitatif yaitu menyebarkan angket. Sedangkan tahap kedua menggunakan metode kualitatif yaitu melakukan wawancara yang berperan untuk memperdalam data yang telah diperoleh di tahap sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya ketertarikan siswa terhadap belajar Fisika, memeperbanyak waktu belajar Fisika dan berkarir di bidang Fisika. Ketidaktertarikan yang paling tinggi yaitu pada indikator memperbanyak waktu belajar Fisika dengan persentase tidak baik 9,25% dan sangat tidak baik sebesar 3,7% serta yang terendah pada adopsi dari sikap ilmiah dengan persentase kategori tidak baik 0,46%. Faktor penyebabnya yaitu ketidaksesuaian cara belajar siswa dengan cara mengajar guru yang kurang memberikan contoh dalam penerapan kehidupan sehari-hari dan menyebabkan siswa tidak tertarik belajar Fisika dan meluangkan waktu untuk mempelajari Fisika. Hasil penelitian ini disarankan agar guru menggunakan metode pembelajaran yang lain dan lebih meningkatkan keterkaitan antara materi dengan kehidupan sehari-hari. sehingga bisa membuat siswa tertarik dan mengetahui mau memperbanyak waktu untuk mempelajari Fisika. salah satu metode yang dapat dipakai yaitu metode eksperimen karena sikap siswa tersebut baik untuk indikator penyelidikan dalam Fisika.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MAKHFIRA SAFITRI |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 08:05 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 08:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |