PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMA PADA MATERI PERGERAKAN ZAT MELALUI MEMBRAN SEL

Hakim, Nesta Azi Izil Hakim (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMA PADA MATERI PERGERAKAN ZAT MELALUI MEMBRAN SEL. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (24kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Hal. pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kurangnya kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi akan mempengaruhi ketercapaian tujuan pembelajaran. Kondisi tersebut disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang kurang melatih kemampuan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi siswa, yakni model PjBL. Model PjBL memiliki keunggulan dalam setiap tahapan pembelajarannya yang secara aktif melibatkan siswa dalam proses belajar. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Desain penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian pre-test post-test non-equivalent control group design. Sampel penelitian yaitu XIF2D sebagai kelas eksperimen dan XIF2B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi siswa dan lembar observasi keterlaksanaan sintaks. Instrumen peneltian divalidasi oleh dosen pembimbing. Teknik analisis data menggunakan Quade’s rank dan one way ancova dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan, yaitu pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 28,75 menjadi 62,81, dan pada kelas kontrol 19,90 menjadi 57,19. Hasil uji hipotesis menggunakan Quade’s Rank menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis. Kemampuan komunikasi siswa mengalami peningkatan, yaitu pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 26,75 menjadi 59,25, dan pada kelas kontrol 38,88 menjadi 62,50. Hasil uji hipotesis menggunakan quade’s rank dan one way ancova menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model PjBL dengan kategori sedang terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa. Disarankan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa guru dapat menerapkan model PjBL sebagai salah satu alternatif solusinya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Komunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Hakim
Date Deposited: 12 Mar 2025 04:29
Last Modified: 12 Mar 2025 04:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76176

Actions (login required)

View Item View Item