PENGEMBANGAN MODUL GELOMBANG BUNYI PADA ZAT PADAT, CAIR, DAN GAS BERBASIS PROBLEM SOLVING BERBANTU MATLAB PADA MATA KULIAH GELOMBANG & OPTIK

Anggraini, rizky mayang and Jufrida, Jufrida and Kurniawan, Wawan (2019) PENGEMBANGAN MODUL GELOMBANG BUNYI PADA ZAT PADAT, CAIR, DAN GAS BERBASIS PROBLEM SOLVING BERBANTU MATLAB PADA MATA KULIAH GELOMBANG & OPTIK. Diploma thesis, universitas jambi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (99kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI FIX.pdf

Download (90kB)
[img] Text
5.BAB I FIX.pdf

Download (221kB)
[img] Text
9.BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (524kB)

Abstract

Gelombang merupakan salah satu kajian bidang Fisika yang konsepnya banyak diterapkan pada peristiwa dan gejala - gejala yang terjadi di alam semesta. Salah satu konsep Fisika yang turut andil dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah konsep Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan modul Gelombang dan Optik berbasis Problem Solving yang layak untuk mahasiswa Pendidikan Fisika pada materi Gelombang Bunyi pada Zat Padat, Cair dan Gas. (2) untuk mengetahui hasil dari produk yang dikembangkan dan (3) untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai modul Gelombang Bunyi pada zZat Padat, Cair dan Gas yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Kelayakan media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Subjek Uji coba penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi angkatan 2016 sebanyak 25 orang. Data hasil penelitian berupa nilai validasi modul oleh ahli materi dan media, serta hasil persepsi mahasiswa mengenai modul. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan: (1) Langkah-langkah prosedur pengembangan yang dilakukan menggunakan model 4-D yang diawali tahap 1 define yaitu melakukan studi literatur yang meliputi analisis siswa, kurikulum dan materi, tahap 2 design yaitu pemilihan format modul, dan desain awal modul, tahap 3 develop yaitu desain awal modul, validasi produk, uji coba pengembangan dan tahap 4 disseminate yaitu penyebaran modul pada kelas kecil. (2) Penilaian modul Gelombang dan Optik berbasis problem solving dinyatakan layak dengan kategori sangat baik yaitu dengan nilai hasil validasi ahli materi sebesar 92%, nilai hasil validasi ahli media sebesar 86,5%. Hasil analisis terhadap data persepsi mahasiswa ini menunjukkan bahwa modul cetak dilihat dari aspek desain cover modul diperoleh persentase rata-rata sebesar 83%, dari aspek desain dalam modul diperoleh persentase rata-rata sebesar 82%, dari aspek penyajian materi modul diperoleh persentase rata-rata sebesar 84,5%, dari aspek Probem Solving diperoleh persentase sebesar 81%, dan dari aspek kebahasaan dalam modul diperoleh persentase rata-rata sebesar 84,25%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul cetak berbasis Problem Solving pada materi Gelombang Bunyi pada Zat Padat, Cair dan Gas mata kuliah Gelombang dan Optik yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan pada pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Gelombang dan Optik.

Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIZKY MAYANG ANGGRAINI
Date Deposited: 09 Apr 2019 02:38
Last Modified: 09 Apr 2019 02:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7619

Actions (login required)

View Item View Item