IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUPING, EXPLORATING, DISCUSSION, INDIVIDUAL ACTIVITY, COMBINING, SHARING (GENICS) PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF TERINTEGRASI ESAI

Nisa, Yumar and Siburian, Jodion and Mardiyanti, Lely (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUPING, EXPLORATING, DISCUSSION, INDIVIDUAL ACTIVITY, COMBINING, SHARING (GENICS) PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF TERINTEGRASI ESAI. Syntax literate, 8 (4). ISSN 2541-0849

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (715kB)
Official URL: https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menuntut peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Namun, pada kenyataannya kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong dikategori sedang, sehingga berdampak pada hasil belajar kognitif mereka. Hal ini menjadi tantangan terutama dalam konteks Kurikulum Merdeka, yang menekankan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian mengenai kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka masih terbatas. Selain itu, penelitian terdahulu terkait model GENICS belum mencakup analisis terhadap kemampuan berpikir kreatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa yang diajarkan dengan model GENICS dibandingkan dengan model Discovery Learning (DL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain non randomized control-group pretest posttest. Subjek penelitian terdiri dari Siswa kelas X fase E di SMAN Titian Teras, dengan instrumen berupa tes esai untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif antara Siswa yang diajarkan dengan model GENICS dan DL, dengan model GENICS menunjukkan hasil yang lebih baik. Saran dari penelitian ini adalah perlunya implementasi model GENICS secara lebih luas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar Siswa di sekolah.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NISA
Date Deposited: 13 Mar 2025 00:54
Last Modified: 13 Mar 2025 00:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76199

Actions (login required)

View Item View Item