IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUPING, EXPLORATING, DISCUSSION, INDIVIDUAL ACTIVITY, COMBINING, SHARING (GENICS) PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA

Febrianti, Silpy (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUPING, EXPLORATING, DISCUSSION, INDIVIDUAL ACTIVITY, COMBINING, SHARING (GENICS) PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA. Syntax literate, 8 (4). ISSN 2541-0849

[img] Text
Silpy Febrianti_Artikel Ilmiah.pdf

Download (603kB)
Official URL: https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/

Abstract

Pentingnya meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa dalam konteks pembelajaran abad ke-21 menjadi sorotan utama karena mendukung siswa dalam berinteraksi, bekerja sama, dan beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penerapan model pembelajaran GENICS dan Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa, dengan mempertimbangkan kemampuan awal mereka. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen quasi, melibatkan siswa kelas X Fase E SMA Negeri Titian Teras sebagai subjek. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur kemampuan komunikasi dan kolaborasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik multivariate analysis of covariance (MANCOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model GENICS lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa dibandingkan dengan Discovery Learning, meskipun kemampuan awal siswa telah dikontrol. Kesimpulan ini mengindikasikan bahwa GENICS dapat menjadi alternatif yang lebih baik untuk mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21 siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: SILPY FEBRIANTI
Date Deposited: 13 Mar 2025 00:53
Last Modified: 13 Mar 2025 00:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76218

Actions (login required)

View Item View Item