Analisis peran P5 dalam meningkatkan partisipasi politik siswa madrasah Aliyah farussaadah arabiyah Senyerang

Adla, Suci Rahmatul (2025) Analisis peran P5 dalam meningkatkan partisipasi politik siswa madrasah Aliyah farussaadah arabiyah Senyerang. S1 thesis, Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan.

[img] Text
revisi skripsi suci.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (109kB)
[img] Text
PENGESAHAN SUCI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak skripsi.pdf

Download (266kB)
[img] Text
bab 1 skripsi.pdf

Download (247kB)
[img] Text
bab 5 skripsi.pdf

Download (200kB)
[img] Text
daftar pustaka skripsi.pdf

Download (289kB)

Abstract

Adla, Suci Rahmatul 2025. “Analisis Peran P5 Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Siswa Madrasah Aliyah Farussaadah Arabiyah Senyerang". Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Irzal, M.Si. Pembimbing (2) Muhammad Ichsan, M.Si. Kata Kunci : Peran P5, Partisipasi Politik, Madrasah Aliyah Farussaadah Arabiyah Senyerang Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat permasalahan terkait rendahnya partisipasi politik siswa. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya pemahaman kontekstual mengenai pentingnya partisipasi politik di kalangan siswa Madrasah Aliyah Farussaadah Arabiyah. Partisipasi dalam pemilihan ketua OSIS memiliki peran penting sebagai fondasi awal dalam membangun kesadaran politik siswa. Pengalaman ini dapat menjadi pembelajaran berharga yang akan memengaruhi sikap dan keterlibatan mereka dalam pemilihan umum di masa depan. Jika sejak dini siswa tidak dibiasakan untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi, dikhawatirkan mereka akan cenderung bersikap apatis atau memilih golput saat memasuki usia pemilih dalam pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran P5 dalam meningkatkan partisipasi politik siswa Madrasah Aliyah Farussaadah Arabiyah Senyerang. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Farussaadah Arabiyah Senyerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Peneliti melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan data dan informasi terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) telah memainkan peran yang signifikan dalam meningkatkan partisipasi politik siswa di Madrasah Aliyah Farussaadah Arabiyah Senyerang. P5 berhasil mendorong siswa untuk terlibat dalam berbagai aspek partisipasi politik, seperti pemungutan suara, diskusi politik, kegiatan kampanye, membentuk dan bergabung dalam kelompok kepentingan, serta komunikasi dengan pejabat politik. Namun, masih terdapat beberapa kendala, seperti kurangnya minat dari sebagian siswa terhadap beberapa kegiatan, rasa bosan akibat diskusi yang berlangsung terlalu lama, dan perasaan terbebani dengan banyaknya kegiatan tambahan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ADLA
Date Deposited: 13 Mar 2025 02:48
Last Modified: 13 Mar 2025 02:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76259

Actions (login required)

View Item View Item