Peran Tenaga Administrasi dalam Meningkatkan Aksesibilitas Penguatan Transfigurasi Kurikulum di Sekolah Dasar

Napizah, Yoni (2025) Peran Tenaga Administrasi dalam Meningkatkan Aksesibilitas Penguatan Transfigurasi Kurikulum di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
ABSTRAK 1.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Halaman pengesahan 1..pdf

Download (336kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI (2)_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Peran Tenaga Administrasi alam Meningkatkan Aksesibilitas Penguatan Transfigutasi Kurikulum di SD Negeri 34/ I Teratai yang dilaksanakan di SDN 34/I Teratai pada semester ganjir tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap tenaga administrasi yang merupakan sumber informasi utama dan juga dari kepala sokolah beserta guru yang merupakan sebagai narasumber pendukung. Uji validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga administrasi berperan dalam tujuh bidang utama, yaitu: 1) Administrasi Kepegawaian:Memastikan pengelolaan data tenaga pendidik yang efisien, mendukung pengelolaan kepegawaian agar tenaga pendidik dapat beradaptasi dengan kebijakan kurikulum yang baru. 2) Administrasi Keuangan: Mengelola anggaran sekolah secara transparan, termasuk pendistribusian dana BOS untuk mendukung fasilitas dan kebutuhan kurikulum.3) Administrasi Sarana Prasarana: Menyediakan dan memelihara fasilitas pendidikan yang mendukung implementasi kurikulum, seperti ruang kelas, dan alat pembelajaran berbasis digital.4) Administrasi Hubungan Masyarakat (Humas): Menjalin komunikasi antara sekolah dengan pihak eksternal, seperti dinas pendidikan, komite sekolah, dan masyarakat, untuk mendukung kebijakan kurikulum yang lebih inklusif. 5) Administrasi Persuratan dan Kearsipan: Mendokumentasikan dan mendistribusikan dokumen kurikulum serta kebijakan akademik kepada tenaga pendidik untuk memastikan keterpaduan informasi. 6) Administrasi Kesiswaan: Mengelola data siswa, pendaftaran, dan program pengembangan diri agar peserta didik mendapatkan akses yang lebih baik terhadap layanan pendidikan. 7) Administrasi Kurikulum Membantu penyusunan dan distribusi dokumen kurikulum, memastikan kelengkapan administrasi akademik, serta mendukung tenaga pendidik dalam implementasi perubahan kurikulum. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa tenaga administrasi memiliki peran kunci dalam memperlancar implementasi transfigurasi kurikulum di sekolah dasar. Optimalisasi sistem administrasi berbasis digital serta peningkatan kompetensi tenaga administrasi menjadi langkah strategis untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan yang lebih inklusif dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tenaga Administrasi, Aksesibilitas, Transfigurasi Kurikulum, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NAPIZAH
Date Deposited: 13 Mar 2025 07:48
Last Modified: 13 Mar 2025 07:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76264

Actions (login required)

View Item View Item