ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KEPRIBADIAN COMPLIANCE DALAMMENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA MATERI STATISTIKA

Ardania, Cholida and Theis, Roseli and Junita, Ranisa ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KEPRIBADIAN COMPLIANCE DALAMMENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA MATERI STATISTIKA. ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KEPRIBADIAN COMPLIANCE DALAMMENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA MATERI STATISTIKA. (Unpublished)

[img] Text
1. Cover (2).pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
5. Lembar Pengesahan (1).pdf

Download (253kB)

Abstract

Ardania, Cholida. 2018. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kepribadian Compliance Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA Pada Materi Statistika: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Roseli Theis, M.S dan Pembimbing (II) Ranisa Junita, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Representasi Matematis, Soal PISA, Siswa Kepribadian Compliance. Tipekepribadian compliance merupakansiswa yang memiliki ketelitian dan akurasi yang baik, tidakceroboh dan sikap tidakyakindengan yang dikerjakan. Hal inimenimbulkan asumsi bahwasiswa compliance dapatmenyelesaikansoal model PISA denganbaiknamunapakahhasiltersebutdiringidenganindikatorkemampuanrepresentasimatematis. Tujuan penelitian ini adalahmendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kepribadian compliance dalam menyelesaikan soal matematika model PISA pada materi statistika. Jenis penelitian yang digunakanadalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukandenganhasillembar soal model PISA dan wawancarakepadasiswa compliance sertakemampuanrepresentasimatematisyang meliputiindikator (1)Kemampuanrepresentasi visual, (2)Kemampuanrepresentasiekspresimatematik, (3) Kemampuanrepresentasidengan kata-kata atautekstertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa compliance sudah dapatmenyelesaikansoal model PISA denganbaiksertamemenuhi setiap indikatorkemampuanrepresentasimatematis, namunkurangdalamkemampuanrepresentasi visual yang hanyadiperoleh persentase sebesar 44%, indikatorkemampuanrepresentasiekspresimatematik jawaban siswa compliance yang didapat dipersentasekan tinggi sebesar 88%, hasil yang sangatbaik ini karena siswa sudah mampumenampilkanekspresimatematikdenganbenar, hasil yang sangatbaikdilihat pada indikatorkemampuanrepresentasidengan kata-kata atautekstertuliskarenasiswasudahmampumenyusunkalimatpernyataanpenyelesaianmasalah dan dipersentasekan 88%. Dapat disimpulkan siswa compliance telah mencapai tujuan kemampuan representasi matematis dalam menyelesaikan soal model PISA pada materi statistika.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: CHOLIDA ARDANIA
Date Deposited: 25 Apr 2019 06:44
Last Modified: 25 Apr 2019 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7627

Actions (login required)

View Item View Item