Peran tenaga administrasi dalam meningkat aksesibilitas penguatan trasnfigurasi kurikulum di sekolah dasar

Napizah, Yoni and hariandi, ahmad and putri, andi gusmauliaekaputri (2025) Peran tenaga administrasi dalam meningkat aksesibilitas penguatan trasnfigurasi kurikulum di sekolah dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,, 10 (1). pp. 2548-6950. ISSN 2548-6950

[img] Text
Jurnal-Pendas (Yoni Napizah).pdf

Download (149kB)
Official URL: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/about...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran tenaga administrasi dalam meningkatkan aksesibilitas penguatan transfigurasi kurikulum di SDN 34/I Teratai pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap tenaga administrasi sebagai sumber utama, serta kepala sekolah dan guru sebagai narasumber pendukung. Uji validitas dilakukan melalui triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga administrasi berperan dalam tujuh bidang utama: (1) Administrasi Kepegawaian, mengelola data tenaga pendidik dan mendukung adaptasi kebijakan kurikulum; (2) Administrasi Keuangan, memastikan transparansi anggaran dan pendistribusian dana BOS; (3) Administrasi Sarana Prasarana, mengelola fasilitas pendidikan untuk mendukung implementasi kurikulum; (4) Administrasi Humas, menjalin komunikasi sekolah dengan pihak eksternal; (5) Administrasi Persuratan dan Kearsipan, mendistribusikan dokumen kurikulum dan kebijakan akademik; (6) Administrasi Kesiswaan, mengelola data siswa dan program pengembangan diri; dan (7) Administrasi Kurikulum, membantu penyusunan serta distribusi dokumen kurikulum. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa tenaga administrasi memiliki peran kunci dalam memperlancar transfigurasi kurikulum di sekolah dasar. Optimalisasi administrasi berbasis digital serta peningkatan kompetensi tenaga administrasi menjadi langkah strategis dalam meningkatkan aksesibilitas pendidikan yang lebih inklusif dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NAPIZAH
Date Deposited: 14 Mar 2025 01:36
Last Modified: 14 Mar 2025 01:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76306

Actions (login required)

View Item View Item