Lorenza, Lisensia (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS XI SMA NEGERI 8 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (528kB) |
Abstract
Lorenza, Lisensia. 2025. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Momentum dan Impuls Kelas XI di SMA Negeri 8 Muaro Jambi : Skripsi Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dra. Astalini, M.Si., (II) Dwi Agus Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Kemampuan Berpikir Kritis, Inkuiri Terbimbing. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi momentum dan impuls kelas XI SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini terdapat 2 jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif pada penelitian ini berupa lembar observasi dan dokumentasi. Data kuantitatif pada penelitian ini adalah tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI F1 tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan secara berulang dalam bentuk siklus. Indikator yang menjadi acuan keberhasilan pada penelitian tindakan kelas ini yaitu mengalami peningkatan pada kemampuan berpikir kritis dengan presentase >75% dari keseluruhan siswa telah mencapai KKTP. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI F1 di SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Peningkatan ini terlihat dari persentase ketuntasan klasikal yang terus meningkat pada setiap siklus. Pada siklus I, sebanyak 45,71% siswa mencapai ketuntasan. Persentase ini meningkat menjadi 68,57% pada siklus II, dan terus bertambah hingga 77,14% pada siklus III. Hasil ini membuktikan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing menunjukkan peningkatan aktivitas baik dari guru maupun siswa. Selama siklus I, aktivitas guru mencapai 83,57% dengan kategori sangat baik, sementara aktivitas siswa sebesar 67,53% dalam kategori baik. Selama siklus II, peningkatan aktivitas guru setingkat 89,28% dikategorikan sangat baik, serta keaktitifan siswa mencapai 86,03%, juga dalam kategori sangat baik. Selanjutnya, selama siklus III, aktivitas guru meningkat lagi menjadi 94,08%, dan aktivitas siswa mencapai 91,72%, keduanya dalam kategori sangat baik. Lorenza, Lisensia. 2025. Efforts to Improve Students' Critical Thinking Skills through Guided Inquiry Learning Models on Momentum and Impulse Material for Grade XI at SMA Negeri 8 Muaro Jambi: Natural Sciences Thesis, FKIP, Jambi University, Supervisors: (I) Dra. Astalini, M.Sc., (II) Dwi Agus Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Keywords: Classroom Action Research (CAR), Critical Thinking Skills, Guided Inquiry. The purpose of this study was to determine the improvement of critical thinking skills through the guided inquiry learning model on the momentum and impulse material of class XI SMA Negeri 8 Muaro Jambi. This study uses the classroom action research (CAR) method. In this study, there are 2 types of data, namely qualitative data and quantitative data. Qualitative data in this study are in the form of observation sheets and documentation. Quantitative data in this study is a test to determine critical thinking skills. This research was conducted at SMA Negeri 8 Muaro Jambi. The subjects in this study were all students of class XI F1 in the 2024/2025 academic year. This study consists of four main stages, namely planning, action, observation and reflection which are carried out repeatedly in the form of a cycle. The indicator that is the reference for success in this classroom action research is an increase in critical thinking skills with a percentage of >75% of all students having achieved KKTP. The results of the classroom action research that has been conducted show that the application of the guided inquiry learning model is able to improve the critical thinking skills of class XI F1 students at SMA Negeri 8 Muaro Jambi. This increase can be seen from the percentage of classical completeness which continues to increase in each cycle. In cycle I, as many as 45.71% of students achieved completeness. This percentage increased to 68.57% in cycle II, and continued to increase to 77.14% in cycle III. These results prove that the guided inquiry model is effective in improving students' critical thinking skills. The application of the guided inquiry learning model shows an increase in activity from both teachers and students. During cycle I, teacher activity reached 83.57% with a very good category, while student activity was 67.53% in the good category. During cycle II, the increase in teacher activity was 89.28% categorized as very good, and student activity reached 86.03%, also in the very good category. Furthermore, during cycle III, teacher activity increased again to 94.08%, and student activity reached 91.72%, both in the very good category.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Kemampuan Berpikir Kritis, Inkuiri Terbimbing. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | LORENZA |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 04:17 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 04:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |