Efektivitas Model GENICS (Grouping, Explorating, discussioN, Individual Activity, Combining, Sharing) Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Minat Belajar dan Meta-skills Siswa SMA

Indriyani, Uswanda (2023) Efektivitas Model GENICS (Grouping, Explorating, discussioN, Individual Activity, Combining, Sharing) Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Minat Belajar dan Meta-skills Siswa SMA. Syntax literate, 8 (4). ISSN 2541-0849

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (623kB)
Official URL: https://www.jurnalsyntaxliterate.co.id/

Abstract

Hasil tes awal menunjukkan minat belajar (34% sedang, 32% rendah, 21% tinggi, 7% sangat tinggi, dan 6% sangat rendah) dan meta-skills (48% sedang, 42% rendah, 7% siswa tinggi, 2% siswa sangat tinggi, dan 1% sangat rendah). Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran GENICS dalam meningkatkan minat belajar dan meta-skills siswa dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan adalah Quasi Experimen, pendekatan kuantitatif dengan desain Non-randomized Control-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota jambi dengan sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model GENICS dan kelas kontrol yang menerapkan model PBL (berdasarkan hasil normalitas dan homogenitas). Instrumen penelitian berupa ATP, Modul Ajar, LKS yang telah di validasi dan layak digunakan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essai untuk mengukur minat belajar dan kuesioner untuk mengukur meta-skills. Teknik analisis data menggunakan statistika, uji regresi linier berganda untuk menguji konsistensi keterlaksanaan sintaks, uji One-Way MANCOVA, dan Partial Eta Squared untuk menguji hipotesis (apabila semua asumsi terpenuhi). Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak terdapat perbedaan efektivitas model pembelajaran GENICS dan model PBL dengan mengontrol minat belajar dan meta-skills awal siswa; 2) tidak terdapat perbedaan efektivitas model pembelajaran GENICS dan model PBL dengan mengontrol minat belajar awal siswa; 3) tidak terdapat perbedaan efektivitas model pembelajaran GENICS dan model PBL dengan mengontrol meta-skills awal siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa kedua model pembelajaran GENICS dan model pembelajaran PBL memiliki dampak yang relatif sama dalam meningkatkan minat belajar dan meta-skills siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: INDRIYANI
Date Deposited: 14 Mar 2025 01:45
Last Modified: 14 Mar 2025 01:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76308

Actions (login required)

View Item View Item