JANNAH, MIFTAHUL IMPLEMENTASI LESSON STUDY MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA. JURNAL IMPLEMENTASI LESSON STUDY MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA.
Text
COVER.rtf Download (381kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (17kB) |
|
Text
13_BAB I (FIX).docx Download (22kB) |
|
Text
17_BAB V (FIX).docx Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Jannah, Miftahul. 2019. Implementasi Lesson Study Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nova Susanti, S.Pd., M.Si., (II) Rahma Dani, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Lesson Study, Problem Based Learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Fisika siswa di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Berdasarkan observasi yang dilakukan diketahui bahwa pada saat proses belajar mengajar berlangsung, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa kurang aktif, dan siswa kurang merespon apa yang sedang dipelajari. Selain itu siswa juga beranggapan bahwa Fisika adalah mata pelajaran yang sulit karena terlalu banyak rumusnya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil pembelajaran fisika melalui lesson study dengan menggunakan model problem based learning pada siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus melalui tahapan plan, do, dan see. Pada tahapan plan dilakukan perencanaan pembelajaran dan pada tahapan do dilakukan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan sintaks model problem based learning. Kemudian pada tahapan see dilakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Pada penelitian ini ada dua cara pengambilan data yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data kualitatif dengan menggunakan lembar observasi yang bersifat terbuka sedangkan data kuantitatif diambil melalui tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah dalam kegiatan lesson study yakni perencanaan (plan), pelaksanaan (do), refleksi (see) dapat meningkatkan proses pembelajaran fisika siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Kota Jambi, 2) dengan menggunakan lesson study melalui model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82,33% meningkat menjadi 85,11% pada siklus II. Dari hasil penelitian ini disarankan agar sebaiknya setiap guru bidang studi melakukan lesson study dalam kegiatan pembelajarannya. Karena kegiatan lesson study sangat baik dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran karena dilakukan secara bersama di setiap tahapannya. Selain itu, bagi peneliti yang berminat untuk mengembangkan lebih lanjut penelitian ini, diharapkan mencermati kelemahan-kelemahan dan keterbatasan penelitian ini, sehingga penelitian selanjutnya dapat menyempurnakan hasil penelitian ini.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Depositing User: | MIFTAHUL JANNAH |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 03:16 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 03:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7632 |
Actions (login required)
View Item |