Dewita, Aisya Gusma (2025) EFEKTIVITAS MODEL GENICS (Grouping, Eksplorating, discussioN, Individual Activity, Combining, Sharing) Terhadap Katerampilan Proses Sains dan Meta-skills Siswa SMA. Syntax Literate, 8 (4). ISSN 2541-0849
![]() |
Text
Artikel_Ilmiah_Aisya gusma dwwita .pdf Download (621kB) |
Abstract
Keterampilan proses sains berperan penting dalam pembelajaran abad ini, karena keterampilan ini merupakan pengetahuan memahmi konsep-konsep ilmiah dan menerapkan pengetahuan secara nyata. Meta-skills berperan penting untuk menciptakan pembelajaran yang adaptif dan mendorong keberhasilan proses pembelajaran. Namun, pengukuran meta-skills di Indonesia belum banyak dilakukan. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga tergolong kurang optimal, mengakibatkan hasil belajar juga kurang optimal. Permasalahan tersebut dapat disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang berfokus pada guru. Upaya mengoptimalkan hasil belajar siswa, diperlukan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model GENICS. Penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran efektivitas model GENICS terhadap keterampilan proses saisn dan meta-skills siswa. Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Jambi adalah jenis kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental reseach) dengan rancangan non-randomized control-group prestest posttest design. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan kuesioner untuk mengukur meta-skills, tes esai untuk mengukur keterampilan proses sains, serta observasi untuk keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian telah divalidasi. Analisis data menggunakan teknik uji One Way Ancova. Dan quades rank. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) Implementasi model GENICS memberikan efek terhadap meta-skills siswa dengan signifikasi 0,001< 0,05. 2) Implementasi model GENICS memberikan efek terhadap keterampilan proses sains siswa Penerapan model GENICS memberikan efek yang signifikan terhahadap meta-skills siswa dengan effect size eta square 0,706 terhadap meta-skills.
Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GENICS), Meta-skills, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AISYA GUSMA DEWITA |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 01:38 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 01:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |