PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIFBERBASISMIND MAPMENGGUNAKANADOBE FLASH CS6PADA MATERI SERANGGA UNTUK KELAS X SMA

REZA, ANNISA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIFBERBASISMIND MAPMENGGUNAKANADOBE FLASH CS6PADA MATERI SERANGGA UNTUK KELAS X SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIFBERBASISMIND MAPMENGGUNAKANADOBE FLASH CS6PADA MATERI SERANGGA UNTUK KELAS X SMA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
PENGESAHAN.docx

Download (382kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK Reza, Annisa. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mind Map Menggunakan Adobe Flash CS6 pada Materi Serangga untuk Kelas X: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si., (2) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, mind map, serangga. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan kurang inovatif sehingga siswa kurang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran interaktif berbasis mind map dapat menumbuhkan keaktifan dan ketertarikan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis mind map menggunakan adobe flash CS6 pada materi serangga untuk kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sebelum diujicobakan, terlebih dahulu dilakukan validasi oleh validator media dan materi. Ujicoba dilakukan kepada siswa dalam kelompok kecil dan besar menggunakan angket. Selain itu digunakan juga angket respon guru terhadap media tersebut. Penelitian dilakukan di SMAN 11 Kota Jambi. Hasil validasi oleh validator media mendapat skor akhir 79 dengan persentase 98,75% kategori sangat baik dan validator materi mendapat skor akhir 37 dengan persentase 92,50% kategori sangat baik. Hasil ujicoba kelompok kecil memperoleh skor 216 persentasenya 90% kategori sangat baik, kelompok besar mendapat skor 870 dengan persentase 87% kategori sangat baik dan respon guru mendapat skor 39 dengan persentase 97,5% termasuk kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis mind map dapat digunakan sebagai media pembelajaran atau sumber belajar pada materi serangga. Media pembelajaran interaktif berbasis mind map yang dikembangkan dapat dijadikan masukan dan acuan dalam penelitian pengembangan selanjutnya, dapat dijadikan bahan ajar yang membantu guru dalam menyampaikan materi serangga, serta dapat membantu siswa memahami materi serangga secara singkat dan memungkinkan siswa untuk belajar mandiri.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: ANNISA REZA
Date Deposited: 09 Apr 2019 07:23
Last Modified: 09 Apr 2019 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7635

Actions (login required)

View Item View Item