Herlina, Nova (2025) Efektivitas Model GENICS (Grouping, Explorating, discussioN, Individual activity, Combining, Sharing) Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Meta-skills Siswa SMA. Syntax Literate, 8 (4). ISSN 2541-0849
![]() |
Text
Artikel Ilmiah Nova Herlina.pdf Download (500kB) |
Abstract
Pembelajaran abad ke-21 menuntut siswa untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan meta-skills guna menghadapi tantangan era modern. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kedua aspek ini masih belum optimal, khususnya dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Model Problem-Based Learning (PBL) yang diterapkan belum sepenuhnya mampu mengakomodasi keberagaman kebutuhan dan gaya belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran GENICS (Grouping, Exploring, Discussion, Individual Activity, Combining, Sharing) dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemecahan masalah dan meta-skills siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi-experimental. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Jambi yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen penelitian meliputi tes essay, kuesioner, dan lembar observasi. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t serta One-Way MANCOVA. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan model pembelajaran inovatif yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan meta-skills siswa. Model GENICS diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih adaptif dan sesuai dengan kebutuhan individu siswa dalam kerangka pembelajaran berdiferensiasi.
Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, GENICS, Problem-Based Learning (PBL), Pemecahan Masalah, Meta-skills |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nova Herlina |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 01:34 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 01:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |