Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasar

Robbi, Ahmad (2019) Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (434kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (975kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK Robbi, Ahmad. 2019. Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Eko Kuntarto, M. Pd., M. (II) Hendra Budiono S. Pd., M. Pd., Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Pembelajaran, Tematik Terpadu Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 66/IV Telanaipura Kota Jambi Pada 06 Januari sampai 31 januari 2019. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan menggunakan penelitian deskriptif yang diperoleh dari hasil observasi dan didukung dengan hasil wawancara serta dokumentasi. Setelah data didapatkan maka data kualitatif dianalisis dengan menggunakan teknik analisi Miles dan Huberman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu kelas VA Sekolah Dasar Negeri 66/IV Telanaipura Kota Jambi. Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam mengelola pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu kelas VA Sekolah Dasar Negeri 66/IV Telanaipura Kota Jambi telah melakukan dengan baik. Hal ini terlihat berdasarkan hasil observasi dan didukung dengan hasil wawancara dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti kepada guru kelas VA dengan berpodaman pada indikator yang digunakan pada penelitian. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu dikelas dengan baik, itu terlihat dengan berdasarkan keterlaksanaan indikator yang digunakan, Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan indikator yang dijadikan pedoman dalam penelitian, dimana guru telah melaksanakan tugasnya mulai dari membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan pelajaran, bertanya, mengadakan variasi, memberikan penguatan, mengelola kelas, mengajar dalam kelompok kecil dan perorangan dan memimpin diskusi dalam kelompok kecil. Dalam melakukan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas VA terdapat hambatan seperti terkendala pada buku pembelajaran, tetapi guru bisa mengatasi hal tersebut dan siswa tetap belajar dengan menggunakan buku dari sumber lain yang tidak menyelimpang dari kurikulum yang sedang digunakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: AHMAD ROBI
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:21
Last Modified: 10 Apr 2019 02:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7650

Actions (login required)

View Item View Item