MEDIA MINIATUR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR (PLTA) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Hamidi, hamidi (2019) MEDIA MINIATUR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR (PLTA) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PGSD FKIP Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (189kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
dftr isi.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)

Abstract

ABSTRAK HAMIDI, 2019 “Media Miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar”. Program Studi Guru Sekolah Dasar. FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Drs. Andi Suhandi, S.Pd, M.,Pd.I (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd Kata kunci: media pembelajaran, sumber energi, miniatur PLTA. Media pembelajaran merupakan sebagai penunjang keberhasilan peserta didik dalam belajar, memiliki peran mengefektifkan komunikasi antara peserta didik dan guru. Kehadiran media sangat membantu kegiatan pembelajaran. Melalui penggunan media pembelajaran sumber energi air miniatur pembangkit listrik tenaga air di sekolah dasar, diharapkan peserta didik lebih tertarik mempelajari pokok bahasan yang disampaikan sehingga kompetensi pembelajaran dapat dikaitkan pada situasi dunia nyata sehingga peserta didik dapat penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, dengan begitu peserta didik mudah memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran sumber energi miniatur pembangkit listrik tenaga air, mengetahui kevalidan dan kepraktisan media PLTA. Jenis penelitian ini menggunkaan model pengembangan ADDIE (analisys, desain, development, implementation, evaluation .) Media ini dikembangkan kemudian divalidasi oleh validator, meliputi validasi ahli media dan ahli pembelajaran. Hasil validasi tahap pertama oleh ahli media diperoleh nilai 40 dengan rata-rata 2,7 dan dilakukan revisi media. Kemudian dilakukan revisi tahap kedua oleh ahli media yaitu memperoleh nilai 53 dengan rata-rata 3,7. Revisi tahap ke tiga oleh ahli media yaitu diperoleh nilai 56 dengan rata-rata 4,0 maka produk ini termasuk dalam kategori “Valid” dan layak diujicobakan. Dari Hasil validasi tim ahli dapat diketahui tingkat kelayakan produk yang dibuat. Setelah diperoleh hasil validasi selanjutnya dilakukan uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil yang dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dari media pembelajaran sumber energi miniatur PLTA kelas IV Sekolah Dasar. Peneliti ini telah menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran sumber energi miniatur PLTA pada tema selalu berhemat energi, subtema sumber energi, pembelajaran 2, muatan pembelajaran IPA kompetensi sumber energi kelas IV Sekolah Dasar. Media pembelajaran sumber energi miniatur PLTA yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media penunjang pembelajaran, diharapkan untuk penelitian berkutnya agar dapat mengembangkan media pembelajaran yang bervariasi dan lebih menarik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: HAMIDI
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:21
Last Modified: 10 Apr 2019 02:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7651

Actions (login required)

View Item View Item