PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Shihah, Roudlotuddurotunna and Siburian, Jodion and Sadikin, Ali (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Syntax Literate, 8 (4). ISSN 2541-0849

This is the latest version of this item.

[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
Official URL: https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/

Abstract

Kecakapan abad 21 yang perlu dikembangkan untuk memenuhi pembelajaran adalah berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran belum optimal. Kurang optimalnya kemampuan berpikir kreatif dapat menyebabkan menjadi kurang efektif. Selain kemampuan berpikir kreatif, siswa juga dituntut untuk terampil dalam berkolaborasi. Siswa cenderung berada pada kelompok lain pada saat diskusi. Kecenderungan siswa berdiskusi dengan kelompok lain adalah karena perbedaan pendapat diantara siswa. Sehingga diperlukan alternatif penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Desain penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan pre-test post-test non-equivalent control group design. Sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas X E SMAN 2 Muaro Jambi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas X E4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X E3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes esai, lembar observasi keterampilan kolaborasi dan lembar observasi keterlaksanaan sintaks. Instrumen yang digunakan dalam penelitian divalidasi oleh dosen pembimbing. Teknik analisis data menggunakan quade’s rank analysis of covariance.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif terjadi peningkatan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata (21,57 menjadi 63,18) dan pada kelas kontrol (29,27 menjadi 58,48). Hasil quade’s rank ancova menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dengan nilai effect size sebesar 0,085 (medium effect). Hasil keterampilan kolaborasi pada kelas eksperimen dengan nilai 84,02 (sangat baik) dan kelas kontrol 71,58 (baik). Hasil quade’s rank ancova menunjukkan terdapat pengaruh dengan nilai effect size sebesar 0,081 (medium effect). Disimpulkan bahwa penerapan model project based learning berpengaruh sedang terhadap kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Shihah
Date Deposited: 21 Mar 2025 00:33
Last Modified: 21 Mar 2025 00:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76559

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item