HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS FISIK DAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK CENDIKIA MANDALA PUTRA LINGGA KUAMANG KABUPATEN BUNGO

QUROHMAN, MUHAMMAD DIAZ TAUFI (2025) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS FISIK DAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK CENDIKIA MANDALA PUTRA LINGGA KUAMANG KABUPATEN BUNGO. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
DOKUMEN ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB 1.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB 5.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DOKUMEN DAPUS.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DOKUMEN SKRIPSI FULL DIAZ TAUFIQ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DOKUMEN COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DOKUMEN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (143kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Muhammad Diaz Taufi Qurohman. 2025. Hubungan antara Aktivitas Fisik dan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Cendikia Mandala Putra Lingga Kuamang. Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Adhe Saputra, S.Pd., M.Pd., (II) Bangkit Yudho Prabowo, S.Pd., M.Or. Kata kunci: aktivitas fisik, keterampilan motorik halus, anak usia dini Perkembangan motorik halus merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak usia dini, yang berperan dalam kemampuan dasar seperti menulis, menggambar, dan menggunakan alat-alat kecil. Aktivitas fisik diduga memiliki kontribusi terhadap perkembangan keterampilan motorik halus tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik dan keterampilan motorik halus pada anak usia dini di TK Cendikia Mandala Putra, Lingga Kuamang, Kabupaten Bungo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 26 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi menggunakan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak berada dalam kategori baik (69%), sementara rata-rata skor aktivitas fisik mencapai 73% (kategori baik). Hasil uji korelasi Pearson pada tingkat signifikansi 0,05 (p < 0,05) menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara aktivitas fisik dan keterampilan motorik halus, dengan nilai t hitung sebesar 7,75 yang lebih besar dari t tabel 1,71. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat keterlibatan anak dalam aktivitas fisik, semakin baik pula keterampilan motorik halusnya. Oleh karena itu, orang tua dan pendidik diharapkan dapat memberikan perhatian lebih dalam menyediakan aktivitas fisik yang mendukung perkembangan motorik halus anak usia dini.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, keterampilan motorik halus, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: Qurohman
Date Deposited: 20 Mar 2025 06:23
Last Modified: 20 Mar 2025 06:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76569

Actions (login required)

View Item View Item