PENGEMBANGAN e-BOOK BERBASIS PETA KONSEP PADA MATERI MAKROMOLEKUL DI KELAS XII SMA

Diniyyah, Imadah PENGEMBANGAN e-BOOK BERBASIS PETA KONSEP PADA MATERI MAKROMOLEKUL DI KELAS XII SMA. PENGEMBANGAN.

[img] Text
1. COVER1 CETAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN IMADAH.docx

Download (425kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI CETAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
9. BAB I CETAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
13. BAB V CETAK.pdf

Download (146kB)

Abstract

ABSTRAK Diniyyah, Imadah 2019. “Pengembangan Bahan Ajar e-Book Berbasis Peta Konsep pada Materi Makromolekul di Kelas XII SMA”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer. nat. Asrial. M.Si (II) Drs. Epinur, M.Si Kata kunci : Bahan Ajar e-Book, Peta Konsep, Makromolekul Bahan ajar merupakan komponen yang penting dalam proses pembelajaran. Keterbatasan bahan ajar memberikan hasil yang kurang optimal dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi, bahan ajar dapat dikembangkan dalam bentuk elektronik seperti buku elektronik (e-book). Dalam pembelajaran kimia terdapat konsep-konsep materi yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep tersebut, maka penggunaan peta konsep dalam bahan ajar perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-Book berbasis peta konsep pada materi Makromolekul di kelas XII SMA dan penilaian guru serta respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. e-Book berbasis peta konsep ini memudahkan siswa untuk menemukan konsep-konsep dari pembelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi kerangka pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi, selanjutnya diminta penilaian guru terhadap produk yang dikembangkan dan setelah itu diujicobakan pada kelompok kecil yakni 10 orang siswa kelas XII IPA SMA Negeri 10 Kota Jambi. Hasil penelitian ini adalah sebuah bahan ajar e-Book berbasis peta konsep menggunakan 3D Pageflip Profesional. Hasil validasi media diperoleh skor 95% dinyatakan sangat baik untuk digunakan. Selanjutnya, untuk penilaian guru diperoleh skor 87% dinyatakan sangat baik sehingga bahan ajar e-Book berbasis peta konsep yang dikembangkan sangat baik untuk diujicobakan. Hasil respon siswa diperoleh skor 84.1 % (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-Book berbasis peta konsep pada materi makromolekul secara keseluruhan disimpulkan bahwa bahan ajar e-Book ini layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: IMADAH DINIYYAH
Date Deposited: 11 Apr 2019 01:38
Last Modified: 11 Apr 2019 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7667

Actions (login required)

View Item View Item