TAMPIBOLON, RUMONDANG (2025) HUBUNGAN MINDFULNESS DENGAN MORAL COURAGE PADA SISWA SMP BYSTANDER BULLYING DI KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (611kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (461kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK LATAR BELAKANG Fenomena bullying menjadi salah satu permasalahan serius bagi dunia pendidikan yang sering dialami oleh siswa-siswi dari SD hingga Perguruan Tinggi, dengan dampak yang cukup serius. Diantara pihak-pihak yang terlibat bullying, bystander merupakan pihak yang paling banyak terlibat. Oleh karena itu, peran bystander bullying sangat penting untuk mengatasi fenomena bullying. Salah satu yang menghambat bystander bullying untuk menolong korban adalah karena kurangnya moral courage yang dimiliki. Salah satu cara meningkatkan moral courage bystander bullying adalah dengan meningkatkan mindfulness, yang membantu bystander untuk menyadari kegawatdaruratan kejadian bullying dan dapat bereaksi sesuai kebutuhan. TUJUAN PENELITIAN Untuk mengetahui hubungan antara mindfulness dan moral courage pada siswa bystander bullying SMP di Kota Jambi. METODE Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden penelitian ini adalah siswa bystander bullying SMP di Kota Jambi berjumlah 111 siswa kelas 7 dan 8 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment melalui SPSS versi 25.0 for Windows. HASIL Hasil uji hipotesis antara kedua variabel menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan sebesar 0,624 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat antara mindfulness dan moral courage, dimana semakin tinggi tingkat mindfulness siswa bystander bullying, maka semakin tinggi pula moral courage-nya, dan begitu pula sebaliknya. KESIMPULAN Terdapat korelasi positif yang kuat dan signifikan antara mindfulness dan moral courage, dimana semakin tinggi mindfulness siswa bystander bullying, maka semakin tinggi moral courage, dan begitu pula sebaliknya. Kata Kunci : Mindfulness, Moral Courage, Siswa Bystander Bullying
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mindfulness, Moral Courage, Siswa Bystander Bullying |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | Tampubolon |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 02:36 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 02:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |