PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ROBOTIK MIKROKONTROLER ARDUINO UNO BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MA PADA MATERI LISTRIK ARUS SEARAH (DC)

Noveri, Noveri (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ROBOTIK MIKROKONTROLER ARDUINO UNO BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MA PADA MATERI LISTRIK ARUS SEARAH (DC). S2 thesis, Magister Pendidika IPA, Pascasarjana.

[img] Text
TESIS LENGKAP. GAB. NOVERI_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
COVER TESIS.pdf

Download (32kB)
[img] Text
TTD. HALAMAN PERNYATAAN, PERSETUJUAN, DAN PENGESAHAN TESIS.pdf

Download (286kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (224kB)

Abstract

Noveri. 2025. Pengembangan Bahan Ajar Robotik Mikrokontroler Arduino UNO Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa MA Pada Materi Listrik Arus Searah (DC). Tesis, Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D., II Dr. Ilham Falani, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar robotik Arduino UNO berbasis proyek sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kreativitas siswa MA dalam mengembangkan, dan menciptakan robot sederhana pada materi listrik arus searah (DC). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu yaitu bahan ajar robotik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validator pada pengembangan ini terdiri dari validator uji ahli materi dan validator uji ahli bahan ajar. Subjek penelitian pada pengembangan ini adalah guru fisika sebagai penilaian bahan ajar dan siswa kelas XII IPA MAN 3 sebagai subjek pengguna. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Hasil validasi ahli materi adalah 3,84 dengan katagori sangat layak, dan hasil validasi ahli bahan ajar adalah 3,88 dengan katagori sangat layak, hasil penilaian guru sebagai subjek evaluasi adalah 3,84 dengan katagori sangat layak, hasil uji coba satu-satu 3,64 dengan katagori sangat baik dan hasil uji coba kelompok kecil kepada siswa adalah 3,77 dengan katagori sangat baik. Hasil validasi, penilaian guru dan uji coba ini menunjukkan bahwa bahan ajar robotik berbasis proyek sangat layak digunakan di dalam proses pembelajaran. Hasil analisis data kualitatif tentang kreativitas siswa dalam merancang dan memprogram robot diperoleh 8 siswa menunjukkan pemahaman dan ketrampilan tinggi, 14 siswa pada tingkat pemahaman dan ketrampilan sedang, dan 8 siswa berada pada pemahaman dan ketrampilan rendah. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, berdasarkan uji gain diperoleh 8,17 poin dan N-Gain diperoleh 0,32 dengan katagori sedang, dan hasil uji-t diperoleh nilai t hitung 5,833 dengan signifikansi 0,000 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif, dapat disimpulkan bahan ajar robotik berbasis proyek dengan mikrokontroler Arduino UNO berbasis proyek yang dikembangkan sangat baik dan dapat meningkatkan kreativitas siswa sehingga efektif digunakan oleh guru dan siswa khususnya pada materi listrik arus searah (DC). Kata Kunci: Bahan ajar robotik, berbasis proyek, arduino UNO, sampah anorganik, kreativitas

Type: Thesis (S2)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: NOVERI
Date Deposited: 09 Apr 2025 02:55
Last Modified: 09 Apr 2025 02:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76684

Actions (login required)

View Item View Item