PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE LECTORA INSPIRE PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X MIA SMAN 6 KOTA JAMBI

Hartati, Sri PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE LECTORA INSPIRE PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X MIA SMAN 6 KOTA JAMBI. pengembangan.

[img] Text
1. HALAMAN COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (294kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI fix.pdf

Download (181kB)
[img] Text
11. BAB I TATI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
15. BAB V TATI.pdf

Download (106kB)

Abstract

ABSTRAK Hartati, Sri. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran dengan Software Lectora Inspire pada Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur Kelas Xdi SMAN 6 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I), Dr. Yusnaidar, S.Si., M.Si. (II), Dra. Wilda Syahri, M.Pd. Kata Kunci :Multimedia Pembelajaran,lectora inspire, struktur atom dan sistem periodik unsur Pembelajaran adalah setiap kegiatan yang dirancang oleh guru untuk membantu seseorang mempelajari suatu kemampuan atau nilai yang baru dalam suatu proses yang sistematis. Oleh karena itu diperlukan proses pembelajaran dengan menggunakan multimedia pembelajaran yang dapat membuat proses pembelajaran lebih menarik, dan interaktif, serta dapat membantu memvisualisasikan konsep kimia yang abstrak menjadi lebih konkrit, sederhana dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran menggunakan Lectora Inspire pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur kelas X SMA Negeri 6 Kota Jambi. Serta melihat respon siswa terhadap multimedia pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian yang mengikuti kerangka model pengembangan 4D dengan tiga tahapan yaitu pendefinisian (define), desain (design) dan pengembangan (development). Tahap ke empat penyebaran (disseminate) tidak peneliti lakukan karena hanya melihat respon siswa pada kelompok kecil. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah multimedia pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli materi, media,dan penilaian guru serta respon siswa dengan masing-masing skor sebesar 65 (sangat baik); 299 (sangat baik); dan 67 (sangat baik) serta persentase skor respon siswa diperoleh sebesar 93% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ahli materi, ahli media, dan penilaian guru menilai multimedia pembelajaran menggunakan lectora inspire sangat baik digunakan dan siswa memberikan respon sangat baik terhadap produk multimedia pembelajaran yang dikembangkan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SRI HARTATI
Date Deposited: 11 Apr 2019 01:38
Last Modified: 11 Apr 2019 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7671

Actions (login required)

View Item View Item