Nuraini, Nuraini and Yantoro, Yantoro and Zahyuni, Violita (2025) Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbantuan Aplikasi Canva pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI NURAINI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan .pdf Download (437kB) |
Abstract
Nuraini. 2025. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbantuan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Yantoro, M. Pd., (2) Violita Zahyuni, S. Pd., M. Pd Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Pendekatan Culturally Responsive Teaching, Canva Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar cetak berbentuk buku dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching pada pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mix methode). Model pengembangan yang dipakai pada penelitian yang dilaksanakan ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 14/I Sungai Baung, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari dengan subjek penelitian guru dan peserta didik. Data penelitian didapatkan melalui validasi materi, validasi media, serta validasi bahasa dan juga uji coba kelompok kecil pada peserta didik untuk melihat keterbacaannya produk yang dikembangkan. Selain itu, data juga didapatkan dari hasil angket respon guru dan peserta didik untuk menilai kepraktisannya pada saat melaksanakan uji coba kelompok besar. Data dianalisis menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasannya uji validasi dari ahli materi mendapatkan skor rata-rata sebesar 85,41% dengan kategori produk sangat valid, penilaian ahli media mendapatkan skor rata-rata 90% dengan kategori sangat valid, dan untuk validasi bahasa mendapatkan skor rata-rata 80,55% dengan kategori cukup valid. Penilaian dari respon guru mendapatkan nilai dengan rata-rata 95% dengan kategori sangat praktis, dan penilaian respon peserta didik pada uji coba kelompok besar mendapatkan skor nilai rata-rata 86,25% dengan kategori sangat praktis. Merujuk pada hasil penelitian maka dapat disintesiskan bahwasannya pengembangan bahan ajar dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching berbantuan aplikasi Canva pada pembelajaran matematika kelas IV SD secara keseluruhan bisa dipergunakan pada saat proses pelaksanaan belajar di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Pendekatan Culturally Responsive Teaching, Canva |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Nuraini |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 01:19 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 01:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |