Ananta, Grestia (2025) Pengembangan Kartu Jobscover Sebagai Media Permainan Untuk Perencanaan Karier Siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, Bimbingan dan Konseling.
![]() |
Text
SKRIPSI - Grestia Ananta.pdf Restricted to Repository staff only Download (38MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI - Grestia Ananta.pdf Restricted to Repository staff only Download (38MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat pengangguran di Indonesia, khususnya di kalangan generasi muda, yang disebabkan oleh ketidaksesuaian antara kualifikasi pendidikan dengan kebutuhan pasar kerja. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memperkuat perencanaan karier sejak dini, terutama melalui media pembelajaran interaktif seperti permainan kartu. Banyak siswa SMP yang mengalami kesulitan dalam merencanakan karier karena kurangnya informasi mengenai berbagai profesi dan pentingnya perencanaan karier untuk masa depan mereka. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media permainan kartu Jobscover sebagai alat bantu perencanaan karier bagi siswa SMP. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall. Tahapan penelitian meliputi studi pendahuluan, pengembangan produk, validasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru bimbingan konseling, uji coba terbatas, serta revisi dan pembakuan produk. Media ini diuji coba pada siswa kelas IX SMP Negeri 22 Kota Jambi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media Jobscover layak digunakan dengan persentase kelayakan ahli materi 100% (sangat layak), ahli media 97% (sangat layak), praktisi 93% (sangat layak) dan uji coba terbatas pada siswa juga menunjukkan respon positif dengan persentase kelayakan 95% (sangat layak). Media ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang berbagai profesi dan keterampilan yang dibutuhkan. Simpulan penelitian ini adalah media permainan kartu Jobscover terbukti layak dan efektif sebagai alat bantu perencanaan karier siswa SMP. Media ini mendorong siswa mengeksplorasi minat, keterampilan, dan nilai-nilai pribadi melalui pendekatan interaktif dan menyenangkan, sehingga dapat menjadi solusi inovatif dalam perencanaan karier sejak dini. Kata Kunci: Media Permainan, Kartu Jobscover, Perencanaan Karier, Siswa SMP
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | GRESTIA ANANTA |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 01:46 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 01:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76764 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |