PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWADI KELAS VII SMPN 30 MUARO JAMBI

HAPIZOH, ATIKA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWADI KELAS VII SMPN 30 MUARO JAMBI. JURNAL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWADI KELAS VII SMPN 30 MUARO JAMBI.

[img] Text
0 COVER 1.pdf

Download (12kB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (147kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK Hapizoh, Atika. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VII SMPN 30 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si. (II) Drs. Darmaji, M.Si. Kata kunci : model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl), motivasi belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar fisika siswa di SMPN 30 Muaro Jambi. Dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diharapkan siswa akan lebih mudah memahami pembelajararan dan menerima ilmu pengetahuan secera efektif dan afisien. Sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dikarenaka pada materi suhu dan perubahannya berisikan uraian materi yang bersifat konsep dan hitungan, maka dalam penyajian materi ini diperlukan model pembelajaran yang dapat mendorong motivsi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi suhu dan perubahannya di kelas VII B SMPN 30 Muaro Jambi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hal ini bertujuan untuk melihat perkembangan motivasi belajar siswa setiap siklusnya. Cara pengambilan data pada penelitian ini yaitu secara kualitatif. Pengambilan data kualitatif dengan menggunakan angket motivasi belajar siswa, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru selama kegiatan proses belajar mengajar berlangsung. Dari hasil penelitian, dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan terhadap motivasi belajar yang dialami siswa dari siklus I yaitu, 59,74% menjadi 72,18% pada siklus II dan 82,61% pada siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VII B SMPN 30 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Depositing User: ATIKA HAPIZOH
Date Deposited: 11 Apr 2019 06:56
Last Modified: 11 Apr 2019 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7678

Actions (login required)

View Item View Item