Septian, Rara Akda and Asyhar, Rayandra and -, Zurweni and Raidil, M (2025) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE-CREATIVE DAN PROBLEM BASED LEARNING BERMEDIA LABORATORIUM VIRTUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ASAM BASA DI SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10 (01). ISSN 2548-6950
![]() |
Text
Jurnal.pdf Download (130kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui keterampilan proses sains peserta didik modelcollaborative-creative dan model PBL bermedia laboratorium virtual dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik serta mengetahui tingkat kognitif peserta didik dengan tes soal keterampilan proses sains. Mengunakan desain mix method. Teknik pengambilan sampel total random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, tes soal esai keterampilan proses sains, dan observasi kemudian Uji Annova Satu arah. Hasil penelitian kelas eksperimen I diperoleh rata-rata skor sebesar 80,41 dengan skor tertinggi 96 dan skor terendah 65. Kemudian rata-rata posstest kelas eksperimen II sebesar 78,79 dengan skor tertinggi 96 dan skor terendah 60, Sedangkan rata-rata skor posstest kelas kontrol sebesar 76,38 skor tertinggi 90, skor terendah 56. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model collaborative-creative dan PBL bermedia laboratorium virtual cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Rara Akda Septian |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 01:50 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 01:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76782 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |