STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI

Maula, Ismatul (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ISMATUL MAULA_COVER.pdf

Download (229kB)
[img] Text
ISMATUL MAULA_PENGESAHAN&PERSETUJUAN.pdf

Download (812kB)
[img] Text
ISMATUL MAULA_ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
ISMATUL MAULA_BAB 1.pdf

Download (501kB)
[img] Text
ISMATUL MAULA_BAB 5.pdf

Download (213kB)
[img] Text
ISMATUL MAULA_SKRIPSI CETAK KUNING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Maula, Ismatul. 2025 Strategi Guru Pendidikan Pancasila Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas X Melalui Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) di SMA Negeri 7 Kota Jambi: Skripsi, Pendidikan Panccasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Heri Usmanto, S. Pd., M.Pd. (II) Priazki Hajri, M.Pd Kata Kunci : Strategi Guru, Kreativitas Belajar, Project Based Learning Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kreativitas peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. Kreativitas belajar menjadi salah satu aspek esensial dalam pembelajaran abad ke-21, yang menuntut peserta didik untuk berpikir kritis, fleksibel, dan inovatif. Namun, dalam praktiknya, masih ditemukan tantangan dalam meningkatkan kreativitas belajar, terutama dalam pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Project Based Learning (PjBL) menjadi salah satu strategi yang diyakini mampu mengembangkan kreativitas peserta didik melalui pengalaman belajar yang lebih mendalam, eksploratif, dan aplikatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru Pendidikan Pancasila dalam meningkatkan kreativitas belajar peserta didik melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan Guru Pendidikan Pancasila dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas X melalui Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam penerapan PjBL mencakup perencanaan, pengelolaan kelas yang fleksibel, serta pembimbingan dan evaluasi proyek untuk mendukung kreativitas peserta didik. Dengan penelitian ini menyimpulkan yang didapatkan strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, terutama dalam aspek kelancaran, keluwesan, orisinalitas, dan elaborasi. Namun, masih terdapat tantangan seperti kesiapan peserta didik, keterbatasan sarana, dan keterbatasan waktu. Oleh karena itu, diperlukan penguatan strategi PjBL dan upaya berkelanjutan agar pembelajaran semakin optimal dan mampu meningkatkan kreativitas belajar secara lebih efektif.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kreativitas Belajar, Project Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Ismatul Maula
Date Deposited: 10 Apr 2025 02:44
Last Modified: 10 Apr 2025 02:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76816

Actions (login required)

View Item View Item