Setianingsih, Ndari (2019) PENERAPAN MODEL TRANS SECTOR UNTUK MENINGKATKAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI KELAS IV SD. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
cover word.docx Download (191kB) |
|
Text
hal pengesahan.docx Download (207kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (22kB) |
Abstract
ABSTRAK Setianingih, Ndari. 2019. Penerapan Model Trans Sector untuk Meningkatkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan di Kelas IV SD: Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Model Trans Sector dan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pendidikan karakter adalah pendidikan yang menamankan dan mengembankan karakter-karakter luhur kepada peserta didik. Penanaman karakter perlu dilakukan sejak di bangku sekolah dasar agar menjadi kebiasaan pada diri peserta didik, seperti penanaman nilai karakter peduli lingkungan. Berdasarkan observasi yang dilakukan, peneliti menemukan nilai karakter peduli lingkungan peserta didik yang rendah. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan untuk dapat meningkatkan nilai karakter peduli lingkungan peserta didik. Tindakan yang dilakukan yaitu pembiasaan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model trans sector yaitu model dengan pengamatan lokasi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model trans sector untuk meningkattkan nilai karakter peduli lingkungan di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD IT Ahamd Dahlan Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2018/2019, Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari II siklus dengan prosedur diawali dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV D SD IT Ahmad Dahlan Kota Jambi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model trans sector dapat meningkatkan nilai karakter peduli lingkungan di kelas IV D SD IT Ahmad Dahlan Kota Jambi. Pengumpulan data mengenai nilai karakter peduli lingkungan yang terdiri dari membersihkan wc, membersihkan tempat sampah, memperindah kelas dan sekolah dengan tanaman, dan ikut memelihara taman disekolah. Adapun presentase nilai karakter peduli lingkungan pada siklus I 34,6% dengan kategori cukup baik, hal ini mengalami peningkatan sebesar 23,1%, siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 50% dengan capaian presentase 84,6% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan menerapkan langkah-langkah dari model trans sector pada proses pembelajaran, yang meliputi kegiatan pengamatan lokasi serta kegiatan membersihkan lokasi, nilai karakter peduli lingkungan peserta didik di kelas IV D SD IT Ahmad Dahlan Kota Jambi meningkat. Disarankan agar guru lebih banyak menggunakan model yang bervariasi, penggunaan media, dan memvariasikan strategi yang tepat dalam proses pembelajaran. Peserta didik juga harus dilatih memanfaatkan sarana dan prasarana.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NDARI SETIANINGSIH |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 07:17 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 07:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7685 |
Actions (login required)
View Item |